Relax

Merah Kuning Hijau! Tandai Warna Bread Clip Roti Tawar untuk Prediksi Kedaluwarsa

apahabar.com, JAKARTA – Saat membeli roti tawar, sadarkah Anda bahwa bungkusnya dijepit dengan bread clip berwarna?…

Featured-Image

apahabar.com, JAKARTA – Saat membeli roti tawar, sadarkah Anda bahwa bungkusnya dijepit dengan bread clip berwarna? Warnanya pun beragam, mulai dari biru, hijau, merah, putih, sampai kuning.

Bread clip dengan warna-warna tertentu itu bukanlah hiasan semata, melainkan mengandung makna tersembunyi di baliknya. Clip tersebut sejatinya merupakan penanda yang menunjukkan waktu roti diproduksi.

Dengan melihat bread clip yang menjepit kemasan roti tawar, konsumen dapat memperkirakan kesegaran dan kualitas roti. Sekaligus, menaksir kapan makanan pokok berbahan tepung itu kedaluwarsa.

Lantas, sebenarnya apa yang membedakan berad clip berwarna biru, hijau, merah, putih, dan kuning? Melansir berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Biru

Warna biru menandakan bahwa roti tawar dibuat pada hari Senin. Oleh karena itu, bila hendak membeli roti di hari yang sama, usahakan memilih kemasan yang memiliki penjepit roti atau stiker berwarna biru.

2. Hijau

Bread clip berwarna hijau berarti roti tawar diproduksi pada hari Selasa. Warna ini juga bisa menandakan bahwa roti diproduksi di hari Rabu.

3. Merah

Bread clip berwarna merah artinya roti tawar dalam kemasan tersebut diproduksi pada hari Kamis.

4. Putih

Warna putih menandakan bahwa roti tawar diproduksi pada hari Jumat.

5. Kuning

Kalau Anda berbelanja roti di akhir pekan, pilihlah kemasan roti yang memiliki bread clip warna kuning. Sebab, warna ini menandakan bahwa roti dibuat pada hari Sabtu. Warna ini juga bisa menandakan bahwa roti tawar diproduksi pada hari Minggu.

Kualitas Roti Dilihat dari Bread Clip dan Bentuknya

Meski bread clip dapat membantu memperkirakan waktu kedaluwarsa roti, sebaiknya jangan jadikan benda ini sebagai tolok ukur sepenuhnya. Agar lebih jelas, lihatlah tanggal produksi yang juga tertera pada kemasan. Usahakan, pilihlah roti tawar yang memiliki jangka waktu di atas tiga hari sebelum tanggal kedaluwarsa.

Selain melihat tanggal kedaluwarsa, Anda juga bisa memperhatikan warna kulit pinggiran roti tawar. Chef de Cuisine Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Grace Titaheluw, menyebut roti tawar yang berkualitas baik memiliki pinggiran berwarna lebih dari golden brown.

Grace juga mengatakan bahwa roti tawar yang mendekati kedaluwarsa biasanya bertekstur kering dan memiliki pori lebih besar ketimbang biasanya. Untuk itu, sebelum memilih roti tawar, pastikan makanan tersebut bertekstur lembut dan tidak kering.

Demikianlah pembahasan mengenai makna di balik warna-warna bread clip, beserta tips memilih roti tawar berkualitas baik. Semoga bermanfaat! (Nurisma)

Komentar