News

Menkop-UKM Teten Masduki Dorong Kratom dapat Terus Diproduksi di Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimis bahwa Indonesia akan terus memproduksi kratom….

Featured-Image
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Foto: Thomas/apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki optimis bahwa Indonesia akan terus memproduksi kratom. Menurutnya berdasarkan regulasi, tumbuhan kratom termasuk bukan produk yang dilarang sehingga masih bisa dibudidayakan dan diperdagangkan.

Selain itu, kata Teten, Indonesia masih menjadi produsen kratom terbesar dengan tujuan ekspor terbesar dengan tujuan Amerika Serikat. Dengan terus melanjutkan produksi kratom maka diharapkan perdangangan dengan Amerika dapat terus berlanjut.

"Juga tidak dilarang ekspor baik dalam bentuk kratom powder atau kratom ekstrak. Kami Kementerian Koperasi punya rencana untuk mengembangkan produk kratom," ujarnya dalam Round Table Disccusion Urgensi Keberlangsungan Perdagangan Kratom di Auditorium Kementerian Koperasi dan UMKM Jakarta, Rabu (10/8).

Dia juga menambahkan walaupun kratom masih menjadi perdebatan di tengah masyarakat, namun menurutnya, berdasarkan hasil riset kratom dinilai cukup aman untuk kesehatan dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Kemenkop-UKM dalam hal ini juga akan mengambil langkah inisiatif dengan bersama koperasi dan memanfaatkan perhutanan sosial untuk mengembangkan perluasan kratom. Selain itu, menurutnya dia juga akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Yang terpenting juga tadi kita perlu untuk meningkatkan kualitas dari produk ini agar masuk standar ekspor," tutupnya. (Thomas)

Tags
News
Komentar