Sport

Mengenal AC Monza, Tim Promosi yang Taklukkan Juventus

apahabar.com, JAKARTA – AC Monza salah satu klub promosi yang baru masuk ke kasta tertinggi kompetisi…

Featured-Image
AC Monza Taklukan Juventus Instagram/ @ACMonza

apahabar.com, JAKARTA – AC Monza salah satu klub promosi yang baru masuk ke kasta tertinggi kompetisi Liga Italia pada musim ini 2022/2023.

Nama AC Monza pun muncul setelah sebelumnya mereka lolos ke kasta tertinggi Liga Italia (Serie A) musim ini melalui babak play-off setelah sebelumnya bermain di Serie B, Italia.

Akhir pekan lalu, Klub yang dijuluki sebagai AC Milan KW ini sempat mengalahkan raksasa italia Juventus dengan skor tipis 1-0.

Namun tahukah kamu kalau AC Monza sebelumnya pernah diisi oleh pemain-pemain top eropa seperti mantan pemain legendaris sekaligus kapten Manchester United, Patrice Evra.

Tidak hanya mantan pemain MU, mantan kiper AC Milan Christian Abbiati serta Luigi Di Biagio pun pernah memperkuat klub promisi AC Monza tersebut.

Patrice Evra

Mantan pemain Manchester United ini pernah bermain untuk Biancorossi pada musim 1999/2000

Christian Abbiati

Lalu, mantan pemain yang pernah menjaga gawang dari AC Milan, Christian Abbiati juga pernah bermain untun Biancorossi pada tahun 1994 sampai 1998

Luigi Di Biagio

Sedangkan untuk mantan pelatih yang pernah menangani Timnas Italia tersebut, pernah berseragam AC Monza pada tahun 1989 sampai 1992.

Sejarah Singkat AC Monza

Berdiri sejak tahun 1912, nyatanya salah satu klub lawas asal Italia ini belum pernah mencicipi kasta kompetisi teratas negeri pizza tersebut.

Mereka sejatinya berjuang dari divisi bawah hingga akhirnya bisa bermain di Serie B di tahun 1951.

Selama 15 tahun berada di klub kasta kedua Italia, Serie B klub dengan julukan Biancorossi sempat terdegradasi ke Serie C.

Meski berstatus sebagai tim papah bawah sejak dulu, AC Monza pernah menorehkan sejarah dengan bermain di perempat final Coppa Italia.

Pencapain tersebut menjadikan Biancorossi sebagai klub kasta rendah yang mampu mencapai titik di perempat final salah satu kompetisi teratas di Italia.

Namun, pada tahun 2014/2015 AC Monza sempat dinyatakan bangkrut. Sesuai dengan regulasi Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), setiap tim yang mengalami pailit maka harus memulai kembali dari kompetisi paling bawah (Serie D).

Silvio Berlusconi membeli AC Monza

Kondisi tersebut membuat mantan pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi tertarik mengambil alih klub Biancorossi tersebut.

Mantan pemilik AC Milan yang juga merupakan mantan seorang Perdana Menteri Italia resmi mengakuisisi AC Monza pada tahun 2018 silam.

Berlusconi juga membawa orang-orang kepercayaannya semasa di Milan, seperti sang adik Paolo Berlusconi yang kini menjadi Presiden Klub AC Monza, dan Adriano Galliani yang kini menjabat Chairman AC Monza.

Untuk mewujudkan ambisinya untuk tembus di kasta tertinggi Liga Italia, Berlusconi menggelontarkan dana besar-besaran.

Hal tersebut bertujuan untuk mendatangkan pemain-pemain hebat untuk berseragam Biancorossi. Terbukti salah satu mantan penyerang AC Milan, Mario Balotelli pernah di boyongnya ke AC Monza.

Transfer Jenius Musim 2022/2023

Dan di bursa transfer musim panas ini, Monza mendatangkan pemain-pemain hebat yang tidak terpakai di klub lamanya. Stefano Sensi dan Andrea Ranocchia yang tidak terpakai di Inter Milan.

Lalu ada juga Matteo Pessina dari Atalanta. Dan di sisi depan, klub yang dilatih Giovanni Stroppa ini meminjam Andrea Petagna dari Napoli.

Meskipun hingga kini baru mengoleksi 4 poin dari 7 laga, namun dari segi prestasi, AC Monza sebetulnya cukup apik dengan mengoleksi 4 gelar Serie C dan 4 kali juara Coppa Italia Serie C.

Lalu akankah AC Monza mampu bertahan di Serie A akhir musim ini?.

Komentar