Banjarmasin Hits

Masuk 75 Besar ADWI, Sandiaga Datangi Desa Wisata Kuin Utara Banjarmasin

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kuin Utara, Kota Banjarmasin pada Kamis (3/8/2023).

Featured-Image
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kuin Utara, Kota Banjarmasin pada Kamis (3/8/2023). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kuin Utara, Kota Banjarmasin pada Kamis (3/8/2023).

Kedatangan Sandiaga untuk mendatangi wisata religi makam dan Masjid Sultan Suriansyah yang masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Ketika datang, Sandi disambut rombongan hadrah dengan dikalungi kain sasirangan di cagar budaya Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin Utara.

Sandiaga Uno mengatakan terdapat 2 potensi wisata yang berada di kawasan  Desa Wisata Kuin Utara.

"Di sini ada 2 potensi wisata religi yang saya lihat, yakni Makam Sultan Suriansyah dan Masjid Sultan Suriansyah. Ini menunjukan 4 AS yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas," ujarnya.

Sebelumnya kata dia, berkat kerja cerdas Pemkot Banjarmasin, Desa Wisata Kubah Basirih sukses harumkan nama Kalsel di kancah ADWI 2022.

Kota Banjarmasin kembali diharumkan dengan masuknya Desa Wisata Kuin Utara dalam 75 besar ADWI 2023.

"Insyallah ini ada bagian dari satu desa wisata yang fokus pada kolaborasi wisata religi," ucapnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Pusat kata Sandi siap mendukung perkembangan wisata di lokal.

"Ini Masjid Sultan Suriansyah merupakan titik 0 dari Banjarmasin. Kita bisa lihat keindahan karya seni dan kaligrafi yang ternyata bisa kita jadikan destinasi. Ini sangat mengandung aspek budaya dan kearifan kita," tuturnya.

Salam kesempatan itu, Menparekraf juga langsung msngukuhkan Pokdarwis di kawasan tersebut untuk melakukan pengelolaan.

"Mudah-mudahan bisa msnciptakan 4,4 juta wirausaha baru pada tahun 2024 mendatang," pungkasnya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina juga turut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno di kawasan desa wisata Kuin Utara itu.

"Terima kasih pak Sandiaga Uno yang tak henti-hentinya mendukung dunia pariwisata Indonesia, khususnya Banjarmasin," tutup Ibnu.

Diketahui, kedatangan Sandiaga Uno di Kampung Wisata Kuin Utara untuk meninjau dan memberikan anugerah secara langsung bersama para Dewan Juri kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

Editor
Komentar
TrendingLainnya