Pemkab Balangan

Mahasiswa Balangan dari China Dipastikan Sehat

apahabar.com, PARINGIN – Isu virus corona tengah merebak. Menyebar ke berbagai negara lain. Karenanya, sembilan mahasiswa…

Featured-Image
Salah satu mahasiswa asal Balangan yang kuliah di China. Foto-Antara Roly Supriadi

apahabar.com, PARINGIN – Isu virus corona tengah merebak. Menyebar ke berbagai negara lain.

Karenanya, sembilan mahasiswa asal Balangan langsung dipulangkan. Sejauh ini baru lima yang sampai di tanah air.

“Empat belum ada laporan lagi,” ucap Norsamidi Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Balangan dihubungi apahabar.com, Jumat (7/2).

Dinas Kesehatan Balangan tengah siaga untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona.

Norsamidi bilang 5 mahasiswa yang sudah dipulangkan telah menjalani pemeriksan ulang, dan dinyatakan sehat.

“Untuk yang pulang ke Balangan dari China sekarang sedang menjalani tahapan pemeriksaan. Walau sebenarnya semuanya dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Mahasiswa yang datang dari China dalam keadaan sehat, namun semua petugas baik RS dan juga Puskesmas setempat sudah siap dan sigap. Memantau dan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap mahasiswa yang datang dari China.

Selain itu juga Dinas Kesehatan Pemkab Balangan mengimbau kepada Masyarakat Balangan menggunakan masker, serta berperilaku hidup bersih dan sehat. Makan makanan yang bergizi agar imun tubuh tidak menurun supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Sebelumnya, 5 dari 9 mahasiswa asal Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, belum kembali dari China. Baru empat dari mereka yang tiba di tanah air.

Delapan dari sembilan mahasiswa yang kuliah di China merupakan mahasiswa dengan program beasiswa pemerintah. Satu mahasiswa program mandiri atau biaya sendiri.

Baca Juga: Pemerintah Keluarkan Aturan Penghentian Bebas Visa untuk WN China

Baca Juga: Tak Pernah ke China, Seorang WNI di Singapura Terjangkit Virus Corona

Reporter: Agus SuhadiEditor: Fariz Fadhillah

Komentar