Pemkab Tanah Laut

Lumbung Pangan Gapoktan Kurau Tala Diharap Dongkrak Pendapatan Petani

Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta berharap pembangunan lumbung pangan dan perlengkapannya di Kurau dapat dimanfaatkan oleh petani termasuk Desa Bawah Layung.

Featured-Image
Bupati Tanah Laut HM Sukamta meresmikan Lumbung Pangan Gapoktan di Desa Bawah Layung. Foto-Ist

apahabar.com, PELAIHARI - Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta berharap pembangunan lumbung pangan dan perlengkapannya di Kurau dapat dimanfaatkan oleh petani termasuk Desa Bawah Layung. 

Hal itu disampaikannya saat meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ruhui Rahayu di Desa Bawah Layung Kecamatan Kurau,  Selasa (29/11/2022).

"Kita bangunkan lumbung pangan ini untuk para petani supaya nanti setelah panen, gabah padinya tidak dijual kepada pedagang perantara dengan harga yang murah," kata dia.

Melainkan kata dia hasil panen para petani yang tergabung dalam kelompok tani dijual di Gapoktan dengan harga yang lebih tinggi. 

Selanjutnya Sukamta berharap dengan dijualnya gabah padi ke Gapoktan, para petani bisa mendapatkan harga yang lebih baik dibandingkan dijual kepada para pedagang perantara. 

"Mudah-mudahan dengan adanya peresmian lumbung padi dan perlengkapannya ini bisa menambah keuntungan petani di Desa Bawah Layung," harap Sukamta. 

Pada kesempatan ini ia meresmikan LPM Gapoktan Ruhui Rahayu Desa Bawah Layung beserta penunjang lainnya yang terdiri dari lumbung pangan, lantai jemur, mesin pengering padi dan mesin penggilingan padi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 yang dilaksanakan secara swakelola oleh Gapoktan Ruhui Rahayu. 

Turut berhadir perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), perwakilan Bulog Kanwil Kalsel, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tala, Camat Kurau, Kepala Desa Bawah Layung dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Kurau. 

Baca Juga: Dongkrak Pendapatan Daerah, Tala Sasar Sarang Walet dan Galian C 

Editor
Komentar