Kalteng

Luapan Sungai Barito Makin Tinggi, Ribuan Rumah di Barut Tergenang

apahabar.com, MUARA TEWEH – Luapan Sungai Barito di wilayah Barito Utara makin tinggi disebabkan pasokan air…

Featured-Image
Beberapa Jalan utama di Kabupaten Barito Utara terendam air, Senin (4/5) Foto-apahabar.com/ Nasution

apahabar.com, MUARA TEWEH - Luapan Sungai Barito di wilayah Barito Utara makin tinggi disebabkan pasokan air dari anak-anak sungai di hulu Sungai Barito. Akibatnya, ratusan hingga ribuan rumah tergenang.

Ketinggian air yang mencapai satu meter itu membuat sejumlah jalan terputus. SepertiJalan Imam Bonjol, Merak, dan Panglima Batur, Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh Tengah.

Sementara air di jalan lainnya seperti Jalan Ais Nasution, Dahlia, Pramuka, Setiaji Hulu dan Setiaji Hilir, dan Jalan Keladan hanya berkisar 30-50 Cm.

Akibat luapan air ini pula, pertokoan di Jalan Panglima Batur, Imam Bonjol dan Jalan Merak tutup total.

Selain kota Muara Teweh, air juga menggenangi Kecamatan Lahei, Lahei Barat, Teweh Baru dan Kecamatan Montallat.

Salah satu warga Muara Teweh, Badrun mengatakan, akibat banjir ini dirinya menutup tokonya. Hal itu berlangsung selama 4 hari. Selama itu pula dia tak mendapat penghasilan. Karena di toko itulah satu-satunya mata pencahariannya.

"Tambah lagi dengan kenaikan air seperti saat ini, maka bisa dipastikan selama beberapa hari ke depan tidak bisa apa-apa," tutur Badrun.

Bukan hanya Badrun, Amang Ateng, warga Jalan Merak juga bernasib sama. Usaha bengkelnya untuk sementara harus terhenti karena terendam banjir. Dengan demikian, dirinya pun juga tidak mendapat penghasilan.

Di saat Pendemi Covid-19 dan banjir yang tidak kunjung surut, Ateng mewakili warga yang rumahnya terendam air, berharap pemerintah daerah memperhatikan masyarakat.

"Akibat Corona saja perekonomian warga Barito Utara secara umum sudah goyang, ditambah lagi dengan banjir seperti sekarang ini, tentu saja semakin membuat masyarakat membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah," ucapnya.

Reporter: AHC17 Editor: Muhammad Bulkini

Komentar