Sport

Liga 1 Musim 2022/2023 Dimulai Lagi, Barito Putera Malah Resah

Menjelang restart Liga 1 musim 2022/2023, Barito Putera justru dilanda sedikit keresahan.

Featured-Image
Pelatih Rodney Goncalves memimpin latihan Barito Putera menjelang menghadapi Persebaya Surabaya. Foto: Barito Putera Official

apahabar.com, SLEMAN - Menjelang restart Liga 1 musim 2022/2023, Barito Putera justru dilanda sedikit keresahan.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Barito Putera akan menghadapi Persebaya Surabaya.

Pertandingan pekan 12 tersebut berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Selasa (6/12) pukul 15.30 WIB.

Tentu saja pelaksanaan kembali Liga 1 disambut antusiasi pemain dan pelatih. Terlebih selama sekitar 2 bulan, kompetisi dihentikan sementara akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.

Namun demikian, libur panjang dinilai tidak-serta menguntungkan Barito. Justru Laskar Antasari dinilai tak memiliki bekal cukup untuk kembali berkompetisi.

"Kami memiliki waktu istirahat yang panjang, persiapan juga cukup bagus," papar pelatih Rodney Goncalves dalam prematch press conference secara virtual, Senin (5/12).

"Namun kami kesulitan mencari lawan uji coba, karena tidak terdapat klub Liga 1 di Banjarmasin. Makanya kami menikmati waktu untuk menjaga kondisi pemain dan membuat strategi permainan," imbuhnya.

Pertandingan uji coba baru didapat dalam beberapa hari terakhir. Pun hasil yang diperoleh kurang memuaskan, karena mereka dikalahkan PSS Sleman 0-2 dan ditahan PSIM Yogyakarta 1-1.

"Meski kurang memuaskan, saya tidak melihat hasil pertandingan. Justru kami bisa menganalisis sektor yang harus dipertahankan dan diperbaiki," tukas Goncalves.

Barito Putera sendiri masih menghuni zona degradasi dengan 5 poin hasil dari menang sekali, 2 imbang dan menderita 7 kekalahan.

Sementara Persebaya menempati peringkat kesepuluh dengan 13 poin. Bajul Ijo telah mengemas 4 kemenangan, sekali imbang dan 6 kekalahan.

"Persebaya merupakan lawan yang menarik. Mereka klub besar yang memiliki pemain-pemain berkualitas dan berkarakter permainan agresif, terutama pemain sayap dan striker," ulas Goncalves.

"Namun sepakbola tidak hanya soal lini serang, karena kami juga menyiapkan agar mampu bertahan dengan baik," tandas pelatih kelahiran Brasil ini.

Di sisi lain, Persebaya dipastikan tanpa Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho. Mereka dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

"Sudah disiapkan pengganti Marsel dan Ridho, meski lebih enak dan perfect kalau pemain-pemain kami lengkap," sahut pelatih Persebaya, Aji Santoso, seperti dilansir IndoSport.

"Kami baru sekali main dengan pemain lengkap ketika melawan Arema. Namun saya tidak boleh mengeluh dengan situasi," pungkasnya.

Editor
Komentar