Hot Borneo

Lantik Panwaslucam, Ketua Bawaslu Tabalong Ingatkan Jaga Netralitas

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tabalong, Hirsan, mengingatkan anggota Panwaslu Kecamatan untuk menjaga netralitas

Featured-Image
36 anggota Panwaslucam di Kabupaten Tabalong dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tabalong, Hirsan, mengingatkan anggota Panwaslu Kecamatan untuk menjaga netralitas pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

" Mulai hari ini kepada Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan saya ingatkan menjaga netralitas dan integritas karena yang punya wilayah kalian," pintanya saat melantik dan mengambil sumpah 36 anggota Panwaslucam di 12 kecamatan di Tabalong, Jumat (28/10) di Hotel Jelita, Tanjung.

Hirsan bilang, sejak diambil sumpah hari ini, tanggung jawab semua tahapan Pemilu 2024 ada di pundak kalian.Kalian tidak bisa hanya berjalan, tetapi sudah mulai berlari.

"Jaga omongan, jaga tingkah laku di masyarakat dan selalu berkomunikasi dengan para camat, Kapolsek dan Danramil. Karena kalian terpilih dari 174 pelamar adalah yang terbaik," pesannya.

Sebanyak 36 Panwaslucam yang terpilih hanya sekitar 20 persen incumbent, sisanya adalah muka baru.

"Ini membuktikan kalau isu di masyarakat itu tidak benar, memang ada kecamatan yang masih utuh tapi itu karena kinerjanya memang baik dan mempunyai integritas," terang Hirsan.

"Kami memilih kalian karena memang yang terbaik dan tidak ada intervensi dari pihak manapun, jadi jaga kepercayaan kami karena ini merupakan pertanggung jawaban kami ke masyarakat," imbuhnya.

Kata Hirsan, jabatan Panwaslucam ini cukup lama, namun di tengah tahun nanti akan ada evaluasi. 

"Jika tidak netral akan kami tindak. Karena kami tidan di intervensi untuk memilih kalian, kami alot melakukan pleno tidak perduli itu siapa," ungkapnya.

Selama Panwaslucam bekerja penuh waktu dan sesuai per undang-undangan Bawaslu Tabalong siap membackup nya.

"Karena rintangan menuju 2024 cukup berat, kami tidak ingin kalian rapuh, jadi tunjukan kalian memang pantas menjadi Panwaslucam," ingat Hirsan.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, mengatakan, menjadi anggota Panwaslucam ini bukan tempat pelarian, sebab itu tanggung jawabnya berat.

Karena sejarah akan mencatat, kalau pemilu 2024 berhasil siapa Ketua KPU nya, siapa Bawaslu nya dan siapa Panwaslucam nya.

"Tapi, jika Pemilu penuh kecurangan orang tidak akan mencatat siapa KPU nya tetapi siapa Bawaslu dan Panwaslucamnya," ingat Anang.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah Panwaslucam tersebut dihadiri juga Ketua DPRD H Mustafa, Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, Kapolres AKBP Riza Muttaqin, para Camat, Kapolsek dan Danramil dan Ketua KPU Tabalong.

Editor
Komentar