Kalsel

Lama Tunggu Pemerintah, Warga Simpang Pengambangan Banjarmasin Bangun Jalan Titian Swadaya

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Jalan Veteran, Simpang Pengambangan, Banjarmasin Timur, akhirnya membangun jalan titian dengan dana…

Featured-Image
Lama tunggu bantuan Pemerintah Kota Banjarmasin, warga Pengambangan bangun jalan titian swadaya. Foto-apahabar.com/Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Jalan Veteran, Simpang Pengambangan, Banjarmasin Timur, akhirnya membangun jalan titian dengan dana patungan atau swadaya.

Jalan titian dari kayu sepanjang 100 meter ini dibangun menggunakan pondasi kayu galam. Warga RT 3 berinisiatif membangun jalan titian ini agar memudahkan anak berangkat sekolah.

Iyan (56) seorang warga RT 3 mengatakan bahwa jalan titian ini, baru dibangun sekitar tiga pekan lalu.

“Jalan titian ini dibangun atas inisiatif warga dari 3 RT yang berswadaya, hingga terkumpul dananya sekitar Rp 2 juta untuk membangun titian seadanya asal bisa digunakan,” ujarnya.

Sebelum dibangun para orangtua tak sampai hati melihat anaknya pergi-pulang ke sekolah harus basah-basahan.

“Anak-anak yang mau berangkat sekolah harus bercebur setiap hari dan harus berbasah-basahan,” ujarnya.

Pasalnya, kata dia, jalan yang ada terendam saat air sungai pasang. Kondisi jalan juga rusak parah. Dan ini sudah dirasakan sejak 2017 lalu.

Warga, lanjut dia, sudah mencoba berbagai cara mengadukan kondisi jalan rusak ke Pemerintah Kota Banjarmasin agar mendapatkan bantuan perbaikan.

“Melalui kelurahan hingga ke kecamatan, kalau memfoto iya aja, tapi penanggulangannya tidak ada sampai detik ini, hingga warga bapintaan sukarela di 3 RT,” tuturnya.

Namun sayangnya apa yang diharap tak kunjung tiba. Menurutnya, jika laporan dan pengaduan itu ditangani, maka tidak mungkin jalan titian itu dibangun warga.

“Kayaknya anggota dewan (DPRD Kota Banjarmasin) mungkin sudah tahu dan melihat, tapi sampai saat ini tidak ada tanggapan juga dan mustahil tidak ditinjau oleh orang pemerintahan,” pungkasnya.

Komentar