Tak Berkategori

Korupsi Dana Desa, Mantan Kepala Desa di Tapin Mendekam di Penjara

apahabar.com, RANTAU – Mantan Kepala Desa Waringin, Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin, harus mendekam dipenjara dan denda…

Featured-Image
Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Tapin, Sajimin.Foto-apahabar.com/Fauzi

apahabar.com, RANTAU – Mantan Kepala Desa Waringin, Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin, harus mendekam dipenjara dan denda karena tersandung kasus korupsi.

Kepala Desa Waringin berinisial IY (33) itu terbukti melakukan tindak pidana korupsi atas penyelewengan dana desa yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 224 juta.

“Pelaku di putus bersalah melakukan tindakan pidana Korupsi dan dihukum 1 tahun dengan Rp 50 juta Subsider 1 bulan penjara,” ujar Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Tapin, Sajimin, Kamis (10/12).

Selain hukuman penjara dan denda, putusan hakim juga mengharuskan IY mengembalikan uang hasil korupsinya.

Sebelumnya, IY sudah membayar Rp 134 juta dari dana korupsi Rp 224 Juta.

Dikatakan Sajimin, apabila tidak mengembalikan sisa pembayaran hasil korupsi itu dalam satu bulan setelah putusan, maka aset yang dimilikinya akan disita dan dilelang.

Sewaktu menjabat sebagai kepala desa, sambung Sajimin, IY tidak langsung menyelewengkan dana sebesar Rp 224 juta itu, namun korupsi secara berangsur.

“Bukan karena kelalaian atau kesalahan yang tidak disengaja menggunakan dana desa, namun secara sengaja mengambil atau melakukan tindak korupsi,” ujarnya.

IY dianggap kooperatif saat berlangsung sidang dan menerima hasil keputusan majelis hakim.

Komentar