Nasional

Korban Selamat Kebakaran Kapal Santika 294 Orang

apahabar.com, SUMENEP – Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan korban selamat dalam kebakaran Kapal Motor…

Featured-Image
Kapal Ro-Ro KM Santika Nusantara rute Surabaya – Balikpapan terbakar di perairan laut utara Pulau Masalembo, Jawa Timur. Kamis (22/8/2019). Foto – Antara/Basarnas

apahabar.com, SUMENEP – Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan korban selamat dalam kebakaran Kapal Motor Santika Nusantara yang terjadi di sekitar perairan Masalembo, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur berjumlah 294 orang.

“Jumlah ini berdasarkan data jumlah korban yang berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan di lapangan,” kata Widiarti, seperti dilansir Antara, Sabtu (24/08).

Ia menuturkan, sebenarnya, penumpang KM Santika Nusantara sesuai yang tercatat dalam manifes hanya 111 orang, terdiri 100 orang dewasa, enam anak-anak, dan lima orang bayi.

“Kenapa bisa menjadi 294 orang sesuai dengan data korban selamat yang ditemukan? Itu juga termasuk ABK-nya,” ujar Widi.

Ia menjelaskan, korban selamat berhasil dievakuasi oleh petugas melalui tiga pelabuhan. Masing-masing ke Pelabuhan Masalembo, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Jumlah korban yang dievakuasi ke Pelabuhan Masalembo sebanyak 53 orang, lalu sebanyak 87 orang dievakuasi melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan 154 orang lainnya dievaluasi ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

“Yang ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep ini terdiri dari 144 orang dewasa, tujuh orang anak-anak dan tiga lainnya masih balita,” katanya.

Kapal Motor Santika Nusantara dilaporkan terbakar di perairan Masalembo pada Kamis (22/8) pukul 20.45 WIB, saat berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kapal penumpang jenis roro itu mengangkut 84 kendaraan serta ratusan orang yang terdiri atas penumpang dan anak buah kapal (ABK).

Baca Juga:Kapal Rute Surabaya-Balikpapan Terbakar, Ratusan Penumpang Berhasil Dievakuasi

Baca Juga:Update Karhutla: Ratusan Hektar Lahan di Kalsel Terbakar Dalam Sepekan

Sumber: Antara

Editor: Aprianoor

Komentar