Sport

Kenang Korban Tragedi Kanjuruhan, Laga Liga Champions Diawali Mengheningkan Cipta

Seluruh pertandingan Liga Champions akan dibuka dengan mengheningkan cipta sebagai tanda belasungkawa untuk korban Tragedi Kanjuruhan

Featured-Image
Timnas Indonesia dan Guam mengheningkan cipta sebelum kickoff kualifikasi AFC U-17 2023 di Stadion Pakansari, Senin (3/10). Pertandingan ini dimenangi Indonesia dengan skor 14-0. Foto: Vidio

apahabar.com, JAKARTA - Seluruh pertandingan Liga Champions yang digelar, Rabu dan Kamis (4-5/10) dini hari, akan dibuka dengan mengheningkan cipta sebagai tanda belasungkawa untuk korban Tragedi Kanjuruhan.

Keputusan tersebut disampaikan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), Selasa (4/10). Bahkan tak cuma Liga Champions, mengheningkan cipta juga akan dilakukan sebelum Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa.

"UEFA mengumumkan akan dilakukan mengheningkan cipta sebelum kickoff untuk mengenang korban peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan, Indonesia," demikian penjelasan UEFA dalam lama resmi.

"Momen hening ini akan berlangsung di semua kompetisi UEFA (Liga Champions, Liga Europa, Liga Konferensi Europa, dan playoff Piala Dunia Wanita)," tambah keterangan tersebut.

Sebelumnya berbagai kompetisi di Liga Eropa mulai dari Liga Spanyol, Liga Belanda, hingga Liga Inggris, juga mengadakan prosesi mengheningkan cipta.

Bahkan siaran langsung pertandingan Liga Spanyol, juga dihiasi dengan simbol pita hitam di atas bendera Indonesia.

Pun seluruh pemain Liga Spanyol hingga Liga Inggris mengenakan pita hitam di lengan sebagai wujud belasungkawa.

Sedikitnya 131 orang meninggal dunia, ketika berusaha keluar dari Stadion Kanjuruhan seusai pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya tersebut.

Korban meninggal dunia yang sebagian besar pendukung Arema, diketahui mengalami kehabisan oksigen, sesak nafas dan terinjak-injak, seusai aparat kepolisian menembakan gas air mata ke arah tribun penonton.

Peristiwa itu menjadi sorotan dunia internasional, karena menempati urutan kedua dalam daftar insiden paling mematikan dalam sejarah sepakbola, setelah peristiwa di Peru di pertengahan 1964.

Berikut jadwal pertandingan Liga Champions yang digelar, Rabu dan Kamis (4-5/10) dini hari:

Rabu, 5 Oktober 2022

00.45 Wita Bayern vs Viktoria Plzen

00.45 Wita Marseille vs Sporting

03.00 Wita Porto vs Leverkusen

03.00 Wita Club Brugge vs Atletico Madrid

03.00 Wita Ajax vs Napoli

03.00 Wita Frankfurt vs Tottenham

03.00 Wita Inter Milan vs Barcelona

03.00 Wita Liverpool vs Angers

Kamis, 6 Oktober 2022

00.45 Wita Salzburg vs Dinamo Zagreb

00.45 Wita RB Leipzig vs Celtic

03.00 Wita Chelsea vs Milan

03.00 Wita Juventus vs Maccabi Haifa

03.00 Wita Real Madrid vs Shakhtar Donestk

03.00 Wita Sevilla vs Dortmund

03.00 Wita Benfica vs PSG

03.00 Wita Manchester City vs FC Copenhagen

Editor
Komentar