News

Kenalan dengan Bella, Robot Imut Serba Bisa di Booth Mitsubishi Fuso GIIAS 2022

apahabar.com, JAKARTA – Ada yang menarik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Pengunjung…

Featured-Image
Bellabot atau yang biasa dipanggil Bella ini juga sangat cerdas loh. Bella bisa berkeliling. (Foto: dok. apahabar.com/AD)

apahabar.com, JAKARTA – Ada yang menarik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Pengunjung yang mampir ke booth Mitsubishi Fuso di hall 7D bisa bertemu dengan Bella. Wah siapa itu?

Bella, bukan nama perempuan berambut panjang dengan gincu dan wajah cantik. Tapi dia adalah si robot pengantar minuman yang lucu dan imut dari Pudu Robotic.

Selain lucu dan imut, Bellabot atau yang biasa dipanggil Bella ini juga sangat cerdas loh. Bella bisa berkeliling, berinteraksi dengan pengunjung, bahkan bisa bernyanyi dan memutar musik ketika sedang menjalankan tugasnya.

"Jadi fungsi utamanya adalah pengantaran, Jadi Bella ini bisa mengantarkan makanan atau minuman ke meja pengunjung dan nanti akan kembali ketempat semula," ujar Joshua Abigail Ciputra, Programmer dari Bellabot kepada apahabar.com, Kamis (18/8).

Bella juga di program untuk berkeliling mengantarkan brosur melalui jalur yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu, Robot cerdas tersebut dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi kehadiran orang di sekitarnya.

"Jadi dia (Bella) dilengkapi dengan sensor, kalau misal ada orang yang menghalangi jalannya dia akan berhenti dan menghindar. Tetapi kalo misal jalannya padat sekali, dia akan diam saja dan menunggu. Dia juga bisa memberikan notifikasi suara pemberitahuan untuk tolong minggir saya mau lewat dan itu bisa diatur suaranya," jelas Joshua.

Ia juga mengatakan, kalau Bella bisa dikontrol melalui aplikasi di smartphone tetapi masih dalam tahap pengembangan.

"Waktu pengecasan 3-4 jam, dan waktu operasionalnya bisa 10-12 jam tergantung dari pemakaiannya," tungkasnya.

Lucunya lagi ketika Bella disentuh, dia akan menampilkan emoticon senang. Tetapi kalo terus-terusan disentuh dia akan marah. Bella juga bisa berinteraksi dengan fitur voice command, ketika dipanggil maka dia akan menjawab.

Bella juga bisa bergoyang dan memutar lagu ketika sedang berkeliling di jalur yang sudah ditentukan.

Untuk menentukan jalur lintasan robot pintar ini, ada dua cara yaitu dengan manual dan dengan sensor. Pada cara manual, pertama tentukan titik awal lalu dorong ke seluruh ruangan agar robot tersebut bisa membaca dengan laser yang disiapkan pada bagian bawah robot. Cara yang kedua dipasang seperti stiker di atas atap dan nantinya akan terbaca oleh sensor dari robot pintar itu.

Selain itu, Bella juga memiliki mode untuk mengantar tamu yang biasa dipakai di hotel atau restoran. Bella juga bisa bernyanyi seperti lagu selamat ulang tahun dan lagu lainnya.

Kecepatan gerakan dari Bella pun bisa diatur paling lambat 0,2 dan paling cepat di 1,2. Bella juga bisa menyimpan banyak peta dengan jarak hingga 10.000 km. Salut deh sama Bella.

Reporter: Adit

Komentar