Nasional

Kabar Buruk, Varian Baru Corona B117 Sudah Transmisi Lokal di Kalsel

apahabar.com, JAKARTA – Menjelang Idulfitri 1442 Hijriah, warga Kalimantan Selatan mendapatkan kabar buruk perihal penyebaran varian…

Featured-Image
Larangan mudik dinilai menjadi langkah yang tepat dalam upaya mengurangi penyebaran Covid-19, tertauam baria baru B117. Foto-Republika

apahabar.com, JAKARTA – Menjelang Idulfitri 1442 Hijriah, warga Kalimantan Selatan mendapatkan kabar buruk perihal penyebaran varian baru corona B117.

Berdasarkan penelusuran Kementerian Kesehatan, transmisi lokal akibat tertular B117 sudah terdeteksi di sejumlah wilayah.

“Kami mengimbau masyarakat tetap waspada agar tak tertular varian baru Covid-19 yang terdeteksi di sejumlah wilayah,” papar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat (30/4).

“Di antaranya Kabupaten Karawang, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, hingga Kalimantan Selatan. Hal yang harus diperhatikan adalah B117 mulai menjadi transmisi lokal,” imbuhnya.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah demi menekan penularan B117. Salah satunya menekan mobilitas penduduk, hingga pembatasan pelaku perjalanan luar negeri ke Indonesia.

“Dengan menekan mobilitas, diyakini bisa menghentikan penularan varian baru yang banyak berasal dari luar negeri,” tegas Siti Nadia.

“Kembali lagi kami mengingatkan membatasi mobilitas dan tetap melaksanakan protokol kesehatan adalah kunci menekan laju penularan,” sambungnya.

Data Kemenkes terakhir mencatat Indonesia sudah mendapati 10 warga yang pernah terpapar B117. Rinciannya 3 kasus di DKI Jakarta yang merupakan dua pekerja migran dari Karawang dan Bogor.

Selanjutnya 2 kasus di Sumatera Utara dan Jawa Barat, serta masing-masing 1 kasus di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Komentar