News

Jokowi Minta Pembinaan Atlet dan Pendidikan Formal di Papua Dilakukan secara Seimbang

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan pembinaan calon-calon atlet dari Papua harus dilakukan sejak usia…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo. Foto tangkapan layar: Resti/apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan pembinaan calon-calon atlet dari Papua harus dilakukan sejak usia dini. Meski begitu, ia menegaskan dalam pembinaan tersebut tetap mementingkan pendidikan formal di sekolah, agar dapat menjadi atlet yang memiliki karakter kuat dan pandai.

"Talenta-talenta berbakat juga tidak hanya sepak bola, disiapkan juga pendidikan formalnya sehingga tetap sekolah. Kita harapkan nanti akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat, yang kompetitif, yang sportif tapi juga pandai dan pintar," kata Jokowi dalam peluncuran Papua Football Academy (PFA), Rabu (31/8).

Jokowi meyakini bahwa tanah Papua dikenal melahirkan talenta-talenta yang berbakat. Dengan adanya PFA, ia berharap agar nantinya dapat menjadi jalan untuk meningkatkan dan meraih prestasi bagi anak-anak muda Papua yang berbakat di bidang sepak bola.

"Oleh sebab itu, anak-anak di Papua football academi, memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepak bola ini," ujar Jokowi.

Nantinya calon atlet muda akan di gebleng kedisiplinan dan di latih secara rutin dan terus di dampingi oleh coach yang memiliki reputasi yang baik supaya diseleksi dengan baik.

"Pak Dirut sudah menyampaikan, ada 477 anak yang diseleksi dan sekarang hanya tinggal 30 anak, ini adalah bibit bibit talenta talenta yang diseleksi dengan baik," katanya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Jokowi dalam pidatonya menyebutkan nama-nama pemain bola asal Papua lainnya yang telah sukses menjadi atlet sekaligus legenda sepak bola dari Papua. Hal tersebut dilakukannya agar menjadi panutan anak-anak di PFA.

Di antaranya Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya. Tidak luput ia pun memanggil dan menghadirkan tokoh sepak bola yang hadir untuk turut tampil bersamanya.

"Ingin seperti mereka ? legenda-legenda ini ? Jalannya sudah ada di depan anak-anakku semuanya yaitu Papua Football Academy,"tutupnya.

Reporter: Resti

Komentar