Banjarmasin Hits

Joki Skripsi, Penyelamat atau Jebakan untuk Mahasiswa?

Setiap tahunnya ribuan sarjana dicetak dari berbagai universitas maupun lembaga pendidikan tinggi lainnya.

Featured-Image
Joki Skripsi Belakang Ini Kembali Ramai Dibicarakan - Foto Ilustrasi

apahabar.com, BANJARMASIN - Setiap tahunnya ribuan sarjana dicetak dari berbagai universitas maupun lembaga pendidikan tinggi lainnya.

Dilansir dari laman Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pengembangan (16/11) pihaknya menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah sarjana muda terbanyak kelima di masa depan.  

Data itu merupakan proyeksi dari upaya Indonesia meningkatkan jumlah lulusan perguruan tinggi. Dua tahun lalu, Indonesia menyumbang empat persen sarjana berusia 25-34 dari 129 juta mahasiswa di seluruh negara anggota G-20.

Membludaknya sarjana muda di Indonesia ini kemudian menimbulakan sebuah permasalahan ketika mahasiswa merasa tidak cukup mampu untuk menyelesaikan tugas penulisan skripsi. inilah yang membuat beberapa pihak memanfaatkan kesempatan untuk sekedar membuka jasa pengetikan ataupun melayani pengolahan data.

Selain itu muncul juga jasa pembuatan skripsi yang semakin bertebaran dan mudah untuk ditemui. Jika dahulu mungkin dilakukan dengan sembunyi-sembunyi, dan informasi di sebarkan dari mulut ke mulut, maka saat ini jasa penulisan skripsi dengan mudah diakses oleh mahasiswa melalui internet.

Untuk menemukan jasa pengerjaan skripsi ini kita hanya perlu memasukkan kata kunci “konsultasi skripsi” dengan mesin pencari, hasilnya adalah 23.400 file pada www.yahoo.com, 90.300 file pada www.google.com.

Sekarang ini para penyedia jasa pembuatan skripsi tidak segan untuk menempel iklan di beberapa tempat misalnya dinding atau pohon di sekitar kampus.

Jasa seperti ini seolah-olah dilegalkan, karena tidak pernah terdengar ada yang biro jasa skripsi yang dimeja hijaukan. Fenomena joki skripsi hadir karena adanya permintaan dan penawaran.

Meskipun terbilang hal curang, jasa joki skripsi ini sangat banyak diminati oleh banyak orang. Terlebih untuk orang yang sudah bekerja yang tak waktu untuk mengerjakan skripsinya sendiri. 

Editor
Komentar