News

JK Kenang Azyumardi Azra Tinggalkan Jasa untuk Umat dan Bangsa

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) mengenang sosok Akademisi…

Featured-Image
Jusuf Kalla saat menghadiri peluncuran buku Azyumardi Azra di Perpustakaan Nasional, Rabu (4/3/2020). Foto: Bisnis.com

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) mengenang sosok Akademisi dan Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra yang tutup usia pada hari Minggu (18/9) di Selangor, Malaysia.

JK mengatakan jika almarhum merupakan sosok yang berjasa bagi umat dan bangsa bahkan dunia internasional. Selama hidupnya, Azyumardi pernah menjadi Deputi Politik dan Staf Khusus mendampingi JK yang saat itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

"Innalillahi wa Innailaihi rajiun, dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Professor Azyumardi Azra. Di samping sebagai professor beliau juga pernah menjadi Deputi dan Staf Khusus selama 10 tahun saya menjadi wapres. Begitu banyak jasa beliau kepada kita semua, pada umat, kepada bangsa dan dunia internasional," ucap JK dalam keterangannya ditulis, Senin (19/9).

Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah tersebut merupakan sosok yang dihormati di kalangan intelektual dunia. Menurut JK, Azra merupakan orang Indonesia pertama yang mendapat gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) ATAU Sir dari kerjaan Inggris.

Gelar tersebut didapatkan Azra karena Kerajaan Inggris menghormati keilmuan serta dedikasi yang dimiliki oleh almarhum selama masa hidupnya.

"Beliau orang pertama dan mungkin merupakan satu-satunya orang Indonesia yang mendapat gelar Lord atau Sir dan juga mempunyai keilmuan yang sangat dihormati di kalangan intelektual di dunia ini," kenang JK.

JK yang mewakili Dewan Masjid Indonesia menuturkan doa agar arwah almarhum diterima dan ditempat di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Oleh karena itu saya pribadi dan keluarga serta Dewan Masjid menyampaikan ucapan belasungkawa, dengan doa semoga arwah beliu mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah SWT," pungkas JK.

Diketahui, Ketua Dewan pers periode 2022-2025 itu meninggal dunia karena serangan jantung dan menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu siang (18/9). Sebelumnya, pihak keluarga telah membawa Azra ke Rumah Sakit Serdang, Selangor pada hari Jumat (16/9).

Komentar