Hot Borneo

Jembatan Paringin Rusak Lagi, Perbaikan Terganjal Desain

apahabar.com, PARINGIN – Jembatan Paringin di Kabupaten Balangan kembali mengalami kerusakan lantai. Pelat besi yang terpasang…

Featured-Image
Pelat pada lantai Jembatan Paringin kembali rusak dan membentuk lengkungan yang cukup dalam. apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Jembatan Paringin di Kabupaten Balangan kembali mengalami kerusakan lantai.

Pelat besi yang terpasang di jalan penghubung Kabupaten HSU dengan Tabalong itu terlihat melengkung, membentuk sebuah lubang yang cukup dalam.

Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK 2.4 BPJN Kalsel, Dwi Wahyono mengatakan perbaikan lantai jembatan akan kembali dilakukan.

“Dalam waktu 1-2 minggu ini kita akan lakukan perbaikan kembali,” ucap Dwi kepada apahabar.com via whatsapp, Kamis siang (25/8).

Diketahui lantai Jembatan Paringin sempat mengalami keretakan pada September 2021 lalu dan selesai perbaikan sejak Maret 2022.

Perbaikan Jembatan Paringin sebelumnya digarap BPJN dengan nilai proyek kurang lebih Rp3 miliar.

Proyek jembatan yang berlokasi di pusat kota Balangan ini bagian dari 23 kegiatan yang ditangani BPJN Kalsel, bersumber dari pos APBN Kementerian PUPR. Total dana Rp8 miliar lebih.

Namun tak berselang lama, lantai Jembatan Paringin kembali retak pada Juli 2022, lalu dilakukan pemasangan plat besi oleh BPJN Kalsel.

Agustus 2022, pelat besi yang terpasang mengalami kerusakan, dan kini menunggu perbaikan kembali.

Jembatan Paringin merupakan jalan penghubung bukan hanya ke Tabalong, melainkan juga dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Hulu Sungai Tengah.

Jembatan ini juga menjadi urat nadi akses antar provinsi Kalsel dengan Kaltim.

“Perbaikannya masih menunggu finalisasi desain perencana,” pungkas Dwi.

Komentar