News

Jemaah Haji Terakhir Dirawat di Arab Saudi Pulang ke Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Meski sambil berbaring, Abbas Bahtiar Abdul Manan meninggalkan Arab Saudi untuk kembali pulang…

Featured-Image
Ilustrasi perawatan jemaah haji yang sakit oleh petugas haji Indonesia di Arab Saudi. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Meski sambil berbaring, Abbas Bahtiar Abdul Manan meninggalkan Arab Saudi untuk kembali pulang ke Indonesia.

Abbas Bahtiar merupakan jemaah haji terakhir dari Indonesia yang dirawat di Arab Saudi. Sebelumnya selama beberapa pekan, jemaah dari kloter 3 Jakarta-Bekasi ini dirawat di rumah sakit.

“Jemaah terakhir dari kloter 3 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 03) mendarat 10 September 2022 di Bandara Soekarno Hatta, pukul 09.00 WIB,” jelas Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/9).

Abbas Bahtiar diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat (9/9) pukul 18.55 waktu Arab Saudi dengan Saudia Airlines Nomor Penerbangan SV 816.

Dalam kondisi berbaring, Abbas Bahtiar diantar Hasyim Bin Salim Hilaby dan Dadang Zaelani Danuuna dari Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah.

Meski demikian, Abbas Bahtiar sudah dinyatakan layak terbang, seiring penerbitan Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi.

“Seiring kepulangan jemaah terakhir yang dirawat, tidak seorang pun jemaah haji Indonesia 1443 Hijriah di Arab Saudi,” tandas Nasrullah.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H sedianya telah berakhir 18 Agustus 2022. Namun tersisa 8 jemaah yang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

6 jemaah sudah pulang ke Tanah Air, termasuk Abbas Bahtiar. Sedangkan 2 jemaah lain wafat dan dimakamkan di Arab Saudi.

Komentar