Relax

Jelajah Waktu 1945: Perang Dunia II Berakhir Hari Ini, Apa Pencetusnya?

apahabar.com, JAKARTA – Hari ini, 77 tahun silam, tepatnya tanggal 2 September, peristiwa penting ditorehkan  karena…

Featured-Image

apahabar.com, JAKARTA - Hari ini, 77 tahun silam, tepatnya tanggal 2 September, peristiwa penting ditorehkan karena perang yang berlangsung sekitar 6 tahun lamanya dan telah menelan sekitar 67 juta nyawa manusia, akhirnya secara resmi dinyatakan berakhir.

Perang Dunia II bermula pada tahun 1939. Saat itu, terdapat perang ideologi antara negara yang berkonflik. Menurut catatan History, perang ini melibatkan dua kubu besar, yaitu Poros dan Sekutu. Kubu Poros merupakan Jerman, Italia, dan Jepang, sedangkan Sekutu terdiri dari Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet.

Ketiga negara yang termasuk dalam blok poros adalah negara yang memiliki paham fasisme, secara garis besar fasisme merupakan sebuah paham politik kekuasaan absolut tanpa demokrasi. Paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lainnya.

Berakhirnya perang dunia kedua ini, dimulai dari saat Amerika menjatuhkan bom di kota Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Berikutnya secara resmi ditandai dengan proses penandatanganan dokumen kapitulasi Jepang di atas kapal perang USS Missouri di Teluk Tokyo.

Perlu diketahui bahwa awal mula munculnya perang dunia kedua adalah disaat pasukan NAZI Jerman dibawah kepemimpinan Adolf Hitler melakukan invasi ke Polandia pada tanggal 1 September 1939. Akibat dari invasi ini membuat negara seperti Inggris dan Prancis akhirnya menyatakan perang terhadap Jerman.

Perang Dunia II memasuki tahap akhir tepat di tahun 1944, di mana kekuatan negara blok poros mulai melemah. Hingga akhirnya pada 7 Mei 1945 Jerman menyerah kepada sekutu, dengan jatuhnya Jerman membuat negara blok sekutu semakin bisa menekan blok poros terutama Jepang untuk segera menyerah.

Karena Jepang tidak kunjung menyerah bahkan setelah adanya deklarasi postdam, membuat Amerika akhirnya menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki yang membuat Jepang akhirnya mau tidak mau menerima hasil deklrasi postdam pada 10 Agustus 1945.

Tepat di tanggal 30 Agustus kapal perang USS Missouri dibawah komandan Douglas MacArthur tiba di Tokyo, dan pada 2 September perwakilan kaisar Jepang menandatangani dokumen kapitulasi tersebut yang menandakan berakhirnya perang dunia kedua.

Perang dunia kedua ini tentu menjadi pengalaman buruk bagi umat manusia, karena selain menimbulkan banyak korban jiwa, setiap negara baik yang terlibat langsung ataupun tidak juga mengalami kerugian secara materil. (Thomas)

Komentar