Hot Borneo

Jalan Kurau Utara di Tala Rusak Parah, Warga Minta Pemerintah Bertanggung Jawab

Jalan utama di Desa Kurau Utara, Kecamatan Kurau, Tanah Laut, rusak parah. Kondisinya nyaris menyerupai jalan offroad. 

apahabar.com, PELAIHARI - Jalan utama di Desa Kurau Utara, Kecamatan Kurau, Tanah Laut, rusak parah. Kondisinya nyaris menyerupai jalan offroad. 

Rusaknya jalan itu diduga disebabkan oleh mondar-mandirnya truk pengangkut material untuk perbaikan jalan dari Kurau Utara menuju Desa Handil Maluka. 

"Jalan ini rusak dimulai empat bulan lalu, imbas angkutan berat truk yang mengerjakan perbaikan jalan dari Kurau Utara tembus Desa Handil Maluka. Lama kelamaan jalan utama ini tambah rusak," kata Ketua RT 07, Idransyah, Rabu (30)11).

Baca Juga: Sah! Sandy Walsh Perkuat Indonesia di Piala AFF 2022

Dia khawatir jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ruas jalan itu akan makin parah. Dia meminta pemerintah ikut bertanggung jawab, sebab titik itu merupakan akses utama warga Desa Kurau Utara. 

"Jika dibiarkan berlama-lama jalan ini akan tambah hancur dan kubangan air di mana-mana. Belum lagi musim penghujan," tambah dia.

Baca Juga: Duel Sesama Nelayan di Balikpapan, Satu Kritis Ditikam di Perut

Tidak hanya jalan yang rusak, pipa air warga juga pecah akibat beratnya angkutan yang melintas. "Pipa warga yang tertanam dalam tanah menyeberang jalan pecah air menggenang di jalan," sambung Ketua RT 06, Jamal.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, H. Ahmadi, ikut menyoroti perbaikan jalan Kurau Utara menuju Desa Handil Maluka yang mengakibatkan rusaknya jalan tersebut.

"Mestinya ada papan proyek supaya kami tahu bahwa ada pekerjaan jalan. Bukan cuma itu, tanggul di jalan yang diperbaiki tersebut juga jangan sampai  rusak. Tujuannya memperbaiki, tapi jangan sampai yang sudah baik dikorbankan," katanya.

Baca Juga: Kalsel Dinobatkan Sebagai Provinsi Wisata Halal Terbaik se-Indonesia

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Permukiman Tanah Laut, Dwi Hadi Putra, berjanji ruas jalan yang rusak akan segera diperbaiki. 

"Sudah disampaikan ke Pak Kades setempat. Ada paket pekerjaan nantinya di jalan yang rusak dimaksud. Setelah pekerjaan aspalan di Kurau Utara Menuju Handil Maluka, kita akan lakukan perbaikan," kata Dwi.

Editor
Komentar