Dinas PUPR Kalsel

Jalan Bebas Hambatan Batulicin-Banjarbaru, Dinas PUPR Kucurkan Belasan Miliar

apahabar.com, BANJARBARU – Progres pembangunan jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin makin terlihat. Kini, berlanjut ke pengaspalan. Dinas…

Featured-Image
Dinas PUPR tengah gencar mengaspal permukaan lintasan jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin. Foto ilustrasi: Net

apahabar.com, BANJARBARU – Progres pembangunan jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin makin terlihat. Kini, berlanjut ke pengaspalan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan dikabarkan siap mengucurkan dana hingga Rp19 miliar.

Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu Subhansyah mengatakan dana sebanyak itu akan digunakan untuk pengaspalan dua sisi jalan di Batulicin maupun Banjarbaru.

“Saat berkomunikasi dengan PUPR Provinsi, ada anggaran sekitar Rp19 miliar untuk pengaspalan jalan,” ujarnya melalui Kabid Bina Marga, Hernadi Wibisono, dikutip apahabar.com dari msn.com, Kamis (12/5).

Pengaspalan dilakukan masing-masing 4 kilometer. Sedang yang sudah teraspal tahun sebelumnya 8 kilometer dari masing-masing titik.

Kondisi terkini, kata Hernadi, jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin tersebut sebenarnya sudah bisa dilintasi.

Pasalnya, sebagian besar jalan sudah teraspal. Secara bertahap, dari tugu bundaran Banjarbaru sampai dengan nol kilometer kawasan Kodeco Tanah Bumbu.

Sebagai gambaran, dari arah Banjarbaru pengaspalan dilakukan dari Awang Bangkal. Sedang dari Tanah Bumbu dimulai dari Km 58, Gunung Raya.

Kendati begitu, ia mengakui sebagian jalan masih butuh pengerasan. Guna percepatan, oleh karenanya Dinas PUPR Tanah Bumbu meminta bantuan guyuran dana dari PUPR Kalsel.

“Untuk jembatan saat ini sudah diselesaikan semua. Jadi, tinggal menunggu selesai pengaspalan secara bertahap,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin akan dibangun sepanjang 180 kilometer.

Melewati lintasan ini, warga dapat memangkas waktu perjalanan menjadi 2,5 jam saja dari semula mencapai 6 jam.

Komentar