PLN UIKL Kalimantan

Jaga Keandalan Sistem Kelistrikan, PLN Laksanakan Penggantian Isolator Tanpa Padam

PT. PLN (Persero) meningkatkan kewaspadaan di tengah tingginya intensitas hujan yang disertai angin kencang di Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Featured-Image
PLN meningkatkan sistem kelistrikan di Kalselteng. Foto-PLN for apahabar

apahabar.com, BANJARMASIN - PT. PLN (Persero) meningkatkan kewaspadaan di tengah tingginya intensitas hujan yang disertai angin kencang di Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Salah satunya dengan gencar melakukan pemeliharaan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) untuk menurunkan potensi terjadinya gangguan.

Untuk mencegah terjadinya gangguan yang disebabkan oleh kerusakan peralatan pada tower transmisi, PLN melakukan penggantian 9 unit isolator yang dilaksanakan dalam keadaan bertegangan. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh tim Pekerjaan Dalam Bertegangan (PDKB) pada tower 143 jalur Transmisi Asam Asam - Mantuil.

"Kami menerjunkan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang memiliki sertifikasi dan kemampuan khusus melaksanakan pekerjaan penggantian isolator tanpa perlu pemadaman," ujar Jamrotin Armansyah, Manager PLN Unit Pelaksana Transmisi Kalimantan Selatan dan Tengah.

Baca Juga: Kasus Dugaan Penganiayaan Selebgram Farah Diba Jadi Atensi Kapolda Kalsel

Jamrotin menjelaskan pekerjaan penggantian isolator ini sangat penting untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan transmisi pada wilayah Kalselteng. Sebab dapat mengakibatkan potensi gangguan besar kedepannya.

Jamrotin juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan kegiatan di lapangan seluruh tim dipastikan agar selalu menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) dikarenakan pekerjaan ini memiliki risiko yang tinggi.

"Di tengah ancaman cuaca ekstrim yang biasa terjadi jelang pergantian tahun, kami berupaya melakukan tindakan preventif agar pelanggan dapat senantiasa menikmati listrik yang andal," imbuhnya.

Editor
Komentar