Sport

Jadwal Live MotoGP Catalunya 2021: Mencari Pembendung Fabio Quartararo

apahabar.com, JAKARTA – Kembali meraih pole posititon, Fabio Quartarararo benar-benar on fire. Tinggal mencari rival yang…

Featured-Image
Fabio Quartararo, Jack Miller dan Johann Zarco yang akan start dari baris terdepan di MotoGP Catalunya, Minggu (6/6). Foto: JPNN

apahabar.com, JAKARTA – Kembali meraih pole posititon, Fabio Quartarararo benar-benar on fire. Tinggal mencari rival yang sanggup membendung pebalap Monster Energy Yamaha ini di MotoGP Catalunya, Minggu (6/6).

MotoGP Catalunya dapat disaksikan melalui Trans7, Fox Sports dan Usee TV, atau live streaming di vidio.com mulai pukul 17.30 Wita.

Fabio Quartararo mengawali balapan di posisi terdepan, setelah menjadi pebalap tercepat di kualifikasi, Sabtu (5/6).

Membukukan waktu lap 1 menit 38,853 detik, pebalap kelahiran Prancis itu sekaligus membuat rekor lap di Sirkuit Catalunya.

Tidak cuma rekor lap, Fabio Quartararo menjadi pebalap pertama sejak Marc Marquez di musim 2014 yang berhasil mencatatkan lima pole position beruntun.

Pun Fabio Quartararo menjadi pebalap Yamaha pertama dengan catatan lima pole beruntun sejak Jorge Lorenzo di musim 2010.

"Kualifikasi yang bagus. Saya melakukan dengan bagus dalam percobaan pertama, meski sebenarnya lap terbaik saya tidak terlalu sempurna,” ungkap Fabio Quartararo seperti dilansir Okezone.

“Terlepas dari itu semua, terpenting kami berada di barisan depan dan mencoba menikmati balapan hingga akhir,” tambahnya.

Meski terbilang nyaman, Fabio Quartararo tetap harus mewaspadai potensi dua pebalap Ducati yang juga start dari grid terdepan. Mereka adalah Jack Miller dan Johann Zarco.

Demikian pula Miguel Oliveira yang meneruskan kejutan dengan start dari urutan keempat, atau tepat di belakang Fabio Quartararo.

Ancaman lain juga berpotensi dihadirkan Franco Morbidelli, Maverick Viñales, Aleix Espargaro, Brad Binder, Francesco Bagnaia dan Joan Mir yang melengkapi sepuluh besar kualifikasi.

Ancaman terbesar diperkirakan datang dari pebalap lain yang sama-sama menunggangi Yamaha seperti Franco Morbidelli dan Maverick Vinales.

Penyebabnya Yamaha bisa tampil cepat di Sirkuit Catalunya, karena trek ini memiliki banyak tikungan cepat dan tak memiliki sektor trek lurus yang panjang.

Berdasarkan karakter trek, Sirkuit Catalunya kurang cocok dengan Ducati yang kerap memanfaatkan trek lurus panjang untuk memaksimalkan power gahar.

“Catalunya cocok dengan karakter Yamaha. Berbeda dengan Sirkuit Mugello di Italia,” cetus Francesco Bagnaia, pebalap Ducati Lenovo.

“Kami bisa terus menempel Fabio Quartararo di Italia, karena kami memiliki kecepatan yang bagus. Namun di Catalunya, kami harus menempel di lap pertama,” ulasnya.

Berikut susunan posisi start MotoGP Catalunya 2021:

1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)2. Jack Miller (Ducati Lenovo)3. Johann Zarco (Pramac Ducati)4. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)6. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha)7. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)8. Brad Binder (Red Bull KTM)9. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)10. Joan Mir (Suzuki Ecstar)11. Valentino Rossi (Petronas Yamaha)12. Pol Espargaro (Repsol Honda)13. Marc Marquez (Repsol Honda)14. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)15. Jorge Martin (Pramac Ducati)16. Iker Lecuona (KTM Tech3)17. Enea Bastianini (Avintia Ducati)18. Danilo Petrucci (KTM Tech3)19. Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati)20. Alex Marquez (LCR Honda)21. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini)

Komentar