liga 1

Sah! Kompetisi Liga 1 Kembali Bergulir 5 Desember

Kelanjutan Liga 1 akhirnya menemui titik terang setelah Polri memberikan izin bergulirnya kembali kompetisi teratas sepak bola Tanah Air

Featured-Image
Polri akhirnya berikan izin Liga 1 mulai 5 Desember mendatang (Foto: dok. PT LIB)

apahabar.com, JAKARTA – Kelanjutan Liga 1 akhirnya menemui titik terang setelah Polri memberikan izin kembali bergulirnya kompetisi teratas sepak bola Tanah Air.

Kepastian tersebut didapatkan setelah Mabes Polri mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Dalam perpol tersebut, disebutkan perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga dikeluarkan dari pihak keamanan di level daerah kemudian ke pusat.

Kabar kelanjutan Liga 1 diumumkan oleh PT LIB selaku operator kompetisi sepak bola Tanah Air, setelah mendapatkan surat rekomendasi dari pihak kepolisian setempat.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Elkan Baggott Tak Akan Perkuat Timnas Indonesia

Menanggapi keputusan tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Ferry Paulus menyatakan ini merupakan kabar menggembirakan.

“Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1,” ujar Ferry Paulus, dilansir dari laman resmi PT LIB.

“Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan atas perhatian dan kerjasamanya selama ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, mantan Direktur Persija Jakarta itu menginformasikan bahwa berdasarkan surat rekomendasi lanjutan putaran pertama tersebut, kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 akan dimulai pada 5 Desember 2022.

Baca Juga: Shin Tae-yong Panggil Illija Spasojevic untuk Gabung Bersama Timnas Indonesia

“Lalu, putaran pertama akan berakhir pada akhir Desember. Pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion,” jelasnya.

Lebih lanjut, PT LIB menegaskan Liga 1 musim ini akan dilanjutkan dengan sistem bubble di lima stadion yang berada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kelima stadion tersebut antara lain yaitu Stadion Sultan Agung (Bantul), Maguwoharjo (Sleman), Moch Soebroto (Magelang), Manahan (Solo), dan Jatidiri (Semarang).

Sebelum secara resmi mendapatkan izin dari Polri, proses untuk mendapatkan izin kelanjutan Liga 1 tersebut sangat berliku.

Baca Juga: Perdana Bela Timnas di Piala AFF 2022, Sandy Walsh Ingin Juara

Sebagai operator kompetisi sepak bola Indonesia, PT LIB harus melakukan komunikasi dengan banyak pihak terkait Liga 1.

“Prosesnya panjang dan memang banyak hal yang harus kami komunikasikan dengan berbagai pihak. Contohnya komunikasi dengan Mabes Polri,” ungkap Ferry Paulus.

“Dalam hal ini Mabes Polri sampai memastikan bahwa semuanya harus menyesuaikan dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga,” pungkasnya.

“Untuk memastikan hal itu, pada Kamis (1/12), Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion di Jawa Tengah dan DIY,” tutupnya.

Sebelumnya, PT LIB sempat merencanakan Liga 1 akan bergulir pada tanggal 2 Desember, tapi kabar tersebut diundur lantaran Polri belum menurunkan izin untuk kompetisi teratas sepak bola Indonesia itu.

Editor
Komentar