Religi

Israel Bakal Kirim Jemaah Haji Langsung ke Arab Saudi Tahun Depan

apahabar.com, TEL AVIV – Setelah Arab Saudi mengatakan wilayah udaranya terbuka untuk semua maskapai, Menteri Kerja…

Featured-Image
Maskapai Israel. Foto-Net.

apahabar.com, TEL AVIV – Setelah Arab Saudi mengatakan wilayah udaranya terbuka untuk semua maskapai, Menteri Kerja Sama Regional Israel Esawi Freij mengharapkan minoritas Muslim di Israel dapat terbang langsung ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah haji tahun depan.

Freij mengatakan pada Sabtu (16/7/2022), keputusan Saudi menunjukkan upaya yang didorong Amerika Serikat (AS) untuk menggerakkan negara-negara menuju hubungan yang lebih normal berada pada tahap yang sangat maju. Tindakan ini dinilai dapat mengubah mimpi menjadi kenyataan bagi umat Islam seperti dirinya.

“Saya percaya bahwa, dalam setahun, warga Muslim Israel akan dapat terbang dari Ben Gurion (bandara dekat Tel Aviv) ke Jeddah dan dari sana ke Mekah untuk memenuhi tugas hajinya,” kata Freij kepada penyiar publik Kan, seperti dilansir Republika.

Pekan lalu, Freij mengatakan, telah meminta Arab Saudi untuk mengizinkan penerbangan langsung Tel Aviv-Jeddah bagi jemaah haji. Seorang pejabat AS mengatakan pada Kamis (14/7/2022), bahwa izin tersebut sedang dikerjakan.

Arab Saudi telah lama menerima jemaah haji dari Israel. Namun mereka harus melakukan perjalanan melalui negara ketiga terlebih dahulu Dalam melaksanakan ibadah haji, jemaah dikenakan biaya sekitar 11.500 dolar AS untuk tinggal selama seminggu.

Arab Saudi hingga kini belum mengakui Israel dan melakukan hubungan diplomatik secara res2. Riyadh mengatakan bahwa ini akan membutuhkan penyelesaian tujuan kenegaraan Palestina terlebih dahulu.

Komentar