News

IPW Sebut Ada Petinggi Polri jadi ‘Kakak Asuh’ Sambo, Siapa Dia?

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Indonesia Police Watch (IPW) menyebut seorang petinggi Polri diduga menjadi sosok ‘kakak…

Featured-Image
Eks Kadiv Propam Ferdy Sambo (dok: Polri)

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Indonesia Police Watch (IPW) menyebut seorang petinggi Polri diduga menjadi sosok 'kakak asuh’ Irjen Ferdy Sambo.

Bahkan, sosok ini pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

"Idham Aziz ini yang katanya sering disebut 'kakak asuh' Irjen Ferdy Sambo ya," ujar Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (21/9).

Sugeng menyebut Idham Aziz sebagai pendahulu Sambo di Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Merah Putih pada masa Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pada masa awal dibentuknya Satgassus itu, Idham Aziz menjabat sebagai ketuanya / Kasatgassus.

"Periode pertama Satgassus ada, dia (Sambo) menjadi sekretaris Satgassus, dengan Idham Aziz sebagai Kasatgassus pertama. Ketika Idham Aziz naik menjadi Kapolri, Sambo menjadi Kasatgassus sampai tiga periode," ungkapnya.

Menurut informasi yang diperoleh, perpanjangan masa jabatan Kasatgassus itu terakhir ditandatangani untuk diperpanjang pada tanggal 1 Juli 2022 atau persis satu minggu sebelum peristiwa penembakan Brigadir J itu terjadi.

Sugeng juga menyoroti fakta bahwa selama menjabat Kasatgassus, Ferdy Sambo juga menjabat sebagai Kadiv Propam. Sehingga sangat sarat dengan konflik kepentingan atau conflict of interest.

"Oleh karena itu saya katakan ini conflict of interest yang besar. Sebagai Kadiv Propam yang tugasnya memeriksa dugaan pelanggaran kode etik polisi, dia juga sebagai Kasatgassus. Bagaimana kalau tim Satgassus itu melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan tugas?" tanyanya.

Atas temuan yang dikumpulkan oleh IPW di dalam Satgassus ini, maka IPW juga mendorong untuk Satgassus ini sebaiknya dievaluasi oleh Polri.

"Oleh karena itu, IPW mengatakan evaluasi. Ternyata (bentuk) evaluasinya adalah pembubaran," pungkasnya.

Satgassus Merah Putih yang telah dibubarkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu kini dipertanyakan dan didorong untuk diaudit.Sebelumnya,

Mantan penasihat Kapolri yaitu Muradi menyebut bahwa Ferdy Sambo memiliki sosok kakak asuh yang sudah pensiun dari Polri. Kakak asuh inilah yang membuat karir Sambo cemerlang dalam institusi Polri.

Meskipun begitu, Muradi tidak merinci secara jelas siapakah kakak asuh Ferdy Sambo yang dimaksudnya itu. Ia hanya mengatakan, bahwa kakak asuh itu lah yang memberikan jabatan Kadiv Propam kepada Sambo di tahun 2020.

Melejitnya karir jenderal bintang dua itu pun diduga tidak lepas karena bantuan dari sosok kakak asuh tersebut. Karena sepanjang sejarah Polri, Ferdy Sambo disebut menjadi jenderal bintang dua termuda yang pernah ada.

Komentar