News

Intip Koleksi Mobil Ratu Elizabeth II, Nomor 4 Harganya Bisa Bangun Istana

apahabar.com, JAKARTA – Pemimpin Inggris Raya, Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis (8/9) di Kastil…

Featured-Image
Daimler jadi salah satu mobil Ratu Elizabeth II. (Foto: dok. express.co.uk)

apahabar.com, JAKARTA – Pemimpin Inggris Raya, Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis (8/9) di Kastil Balmoral, Skotlandia. Sebagai pemegang takhta terlama, dirinya membutuhkan kendaraan untuk mobilitas sekaligus menjaga kewibawaannya.

Semasa memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun, Ratu Elizabeth II gemar mengoleksi mobil-mobil mewah, klasik dan langka yang diketahui harganya harga ratusan miliar rupiah. Bahkan, beliau juga beberapa kali terlihat mengendarai sendiri mobil koleksinya tersebut.

Menukil laman Express.co.uk, pada Jumat (9/9), Sang Ratu sering terlihat tengah mengendarai Land Rover Defender di sekitaran Sandringham. Serta beberapa merek mobil buatan Inggris lainnya, seperti Bentley, Rolls-Royce, Range Rover, Jaguar, Daimler.

Menariknya, Ratu Elizabeth menjadi satu-satunya orang di negaranya yang tidak membutuhkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Alasannya, karena beliau pernah bertugas sebagai mekanik dan mengendarai ambulans pada Layanan Teritorial Pembantu Wanita pada masa Perang Dunia II.

Lantas apa saja koleksi mobil Ratu Elizabeth II? Simak di bawah ini:

1. Land Rover 80" Series One

Salah satu versi pertama dari mobil 4×4 ikonik, Land Rover Series One, merupakan kendaraan yang ditujukan untuk mereka yang berada di pedesaan. Mobil ini juga merupakan unit yang tangguh untuk menerjang medan off-road atau digunakan untuk berkendara bersama keluarga.

2. Ford Crestline Sunliner

Ratu Elizabeth II juga sangat gemar dengan mobil yang memiliki atap terbuka, seperti Ford Crestline Sunliner. Ini membuatnya merasa lebih dekat dengan masyarakat ketika Kerajaan Inggris sedang melangsungkan perayaan atau mengunjungi suatu tempat.

3. Jaguar X-Type

Mobil klasik Jaguar XK 120 yang hanya diproduksi sebanyak 57 unit ini, diperkenalkan saat London Motor Show pada 1948. Mobil yang berbanderol Rp1,9 miliar itu, digunakan Ratu untuk menyapa rakyatnya.

Jaguar XK 120 dibekali mesin 3.4L XK I6, dan disematkan "120" karena dapat mencapai kecepatan 120 mph (193 km/jam), yang menjadikannya salah satu mobil tercepat di masanya.

4. Bentley Limousine

Ratu Elizabeth II juga memiliki mobil keluaran tahun 2000-an, yakni Bentley State Limousine produksi 2002. Mobil ini kerap digunakannya hingga masa-masa terakhir hidupnya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris.

Mobil ini merupajan hadiah yang diberikan oleh Bentley kepada Ratu Elizabeth II dalam memperingati 50 tahun memegang tahta Kerajaan Inggris pada 2002. Bentley Limousine punya harga super mahal, yakni 10 juta poundsterling atau setara Rp189,6 miliar.

5. Lagonda 3-litre Drophead Coupe

Lagonda 3-litre Drophead Coupe merupakan mobil keluaran 1954 yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II beserta suaminya Pangeran Philip untuk meresmikan M1, jalan raya pertama di Inggris pada 1959. Kerajaan Inggris tak lagi memiliki mobil tersebut karena sudah terjual seharga 360 poundsterling atau setara Rp7 miliar pada 2016 lalu.

6. Rolls-Royce Phantom

Ratu Elizabeth II memiliki Rolls Royce Phantom V dan VI pada era 1950-an dan 1960-an. Namun, jarang sekali terlihat dirinya sedang mengendarai kedua mobil tersebut. Ini menjadi model produksi delapan silinder pertama perusahaan dengan mesin 5,7 liter. Hanya ada 18 unit dibuat dengan nomor sasis 4BP5.

Mobil ini memiliki radio keamanan yang dilengkapi speaker eksterior dan antena bagian bawah bodi mobil. Warna bakal kendaraam ratu ini yaitu merah tua dan hitam serta dilengkapi pelapis kain biru tua dan abu-abu.

7. Vauxhall

Tak sedikit yang terkejut ketika mengetahui Ratu Elizabeth juga memiliki beberapa model Vauxhall, seperti Cresta PA Friary Estate di tahun 1960-an. Selain itu, ada juga Insignia dan Omega.

8. Daimler

Salah satu koleksi Ratu Elizabeth II adalah Daimler Super V8 LWB (Long Wheelbase). Mobil tersebut dibekali juga dengan perangkat komunikasi di dalamnya. Selain itu, ada juga Daimler Double Six 1984.

9. Aston Martin

Aston Martin Ratu Elizabeth dan Pangeran Phillip membeli Aston Martin DB6 Volante tahun 1965 sebagai hadiah ulang tahun ke-21 untuk Pangeran Charles. Mobil tersebut dikonversi agar bisa menggunakan bahan bakar bioetanol pada 2008 oleh Pangeran Charles. Selain itu, Ratu Elizabeth juga pernah memiliki Aston Martin Lagonda DHC.

Reporter: Awan

Komentar