Sport

Inilah Pebulutangkis Indonesia di Olimpiade 2020, Semua Nomor Terisi

apahabar.com, JAKARTA – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis daftar pemain yang lolos le Olimpiade 2020…

Featured-Image
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi pemain paling senior dalam skuat bulutangkis Indonesia di Olimpiade 2020. Foto: PBSI

apahabar.com, JAKARTA – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis daftar pemain yang lolos le Olimpiade 2020 di Tokyo. Indonesia tercatat mengirimkan tujuh pemain.

Olimpiade 2020 dijadwalkan berlangsung 23 Juli hingga 8 Agustus. Sedangkan pertandingan bulutangkis dimulai 24 Juli hingga 2 Agustus 2021 di Musashino Forest Sports Plaza.

Sedianya masa kualifikasi Olimpiade untuk bulutangkis berlangsung hingga 15 Juni 2021. Namun akibat pembatalan Malaysia Open dan Singapore Open 2021, kualifikasi praktis dihentikan.

Sebanyak 48 delapan negara akan bersaing dalam Olimpiade. Indonesia sendiri mengirim tujuh wakil di semua nomor, termasuk tunggal putri.

Dengan 7 pemain, Indonesia menempati peringkat kedua negara yang terbanyak mengirimkan pebulutangkis ke Olimpiade, sama dengan Korea Selatan.

Peringkat teratas ditempati China dan Jepang yang sama-sama menempatkan 9 perwakilan.

Sebanyak 38 pemain bersaing di nomor tunggal. Kemudian terdapat 16 entri yang bertanding di nomor ganda.

Satu negara hanya bisa mengirim maksimal dua pemain tunggal putra atau putri, andai keduanya berada di peringkat 16 besar peringkat Race to Tokyo.

Peraturan serupa juga berlaku untuk nomor ganda. Setiap negara dapat mengirim maksimal dua pasang, jika keduanya berada di peringkat 8 teratas peringkat Race to Tokyo.

Selanjutnya semua pemain dibagi menjadi beberapa grup. Pemenang teratas dari setiap grup akan masuk ke babak sistem gugur atau 16 besar.

Berikut nama pebulutangkis Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2020:

Tungga putra1. Anthony Sinisuka Ginting2. Jonatan Christie

Tunggal putriGregoria Mariska Tunjung

Ganda putra1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ganda putriGreysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda campuranPraveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Komentar