Kalteng

Imlek di Vihara Avalokitesvara Palangka Raya Tanpa Perayaan

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Biasanya pada malam pergantian tahun baru Imlek, Umat Budha dan Konghucu di…

Featured-Image
Pihak vihara tetap mempercantik vihara walau tahun baru Imlek kali ini tidak ada perayaan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Biasanya pada malam pergantian tahun baru Imlek, Umat Budha dan Konghucu di Kota Palangka Raya merayakan dengan menggelar atraksi barongsai.

Namun, lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir membuat acara Imlek di Vihara Avalokitesvara tanpa perayaan seperti tahun lalu.

“Tidak ada perayaan seperti tahun lalu seperti imbauan pemerintah. Kita hanya sekedar sembahyang saja,” kata Pelayanan Budaya Vihara Avalokitesvara Palangka Raya, Renko, Rabu (10/2).

Namun menurut Renko, umat yang sembahyang di vihara ini, bukan berasal dari Kota Palangka Raya, tetapi masyarakat kebetulan melintas saja.

Pasalnya warga yang berdomisili di Palangka Raya memilih menghabiskan tahun baru Imlek di kampung halaman masing-masing.

Kendati tidak ada perayaan seperti tahun sebelumnya, namun pihak pengelola tetap mempercantik vihara seperti mengecet ulang dan memasang pernak pernik hiasan alakadarnya.

Untuk jadwal kunjungan umat ke vihara, tidak ada batasan jumlah. Namun, bagi yang ingin sembahyang agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Oleh sebab itu di depan pintu masuk vihara, telah ditulis di papan pengumuman terkait himbauan protokol kesehatan.

“Tahun baru Imlek tahun ini kami berharap, pandemi cepat berlalu agar bisa berusaha maksimal,” ujarnya.

Komentar