Tak Berkategori

Ide Bisnis Buka Usaha Percetakan Dengan Modal Kecil

Kebingungan memilih usaha yang menjanjikan walaupun dengan modal kecil? Mengapa tak memilih buka bisnis percetakan! Sedangkan…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto- Shutterstock

Kebingungan memilih usaha yang menjanjikan walaupun dengan modal kecil? Mengapa tak memilih buka bisnis percetakan! Sedangkan pada saat ini bermacam-macam bisnis terbilang sangat padat, lalu apa percetakan murah juga menjadi salah satu bidang usaha yang sangat menjanjikan dan juga menguntungkan ??

Tingginya kebutuhan percetakan memang sudah menyokong tumbuh suburnya bisnis printing semacam ini. Tidak cuma di kota besar, di bermacam tempat usaha percetakan dalam bermacam wujud dan skala juga banyak bermunculan.

Seiring berjalannya waktu dan dan juga berkembangnya teknologi printing, pada saat ini ada banyak macam usaha percetakan yang dilakukan. Dari percetakan besar, offset, sablon, home printing sampai komputerisasi printing. Tidak cuma media kertas, printing gelas dan asesoris juga sudah kian banyak.

Anda dapat memilih macam dan skala bisnis percetakan yang mau dibangun. Tapi pastikan Anda sudah mengerjakan riset pasar sebelum melaksanakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil ini.

Riset ini sungguh-sungguh penting supaya jasa Anda memang diperlukan dan ada pasarnya. Bagus dengan mengamati lingkungan di sekitar rumah, keperluan di kawasan, sampai mengamati peluangnya di dunia online.

Berkembangnya dunia online pada saat ini terbilang sangat menjanjikan, dimana anda juga bisa menyediakan jasa printing secara online. Sebab itu Anda juga perlu meriset metode pengiriman produk jikalau ada order secara online.

Bagi anda yang masih pemula bisa melihat bagaimana menjalankan usaha ini agar bisa dilirik konsumen. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dalam bisnis percetakan,

1. Strategi Pelayanan Pada Pelanggan

Pelayanan yang bagus menjadi kunci utama dalam menjalankan usaha percetakan ini. Sebagian konsumen akan membandingkan cara pelayanan percetakan satu dengan lainnya. Apalagi era sekarang dibutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Karna itu tuntutan pelayanan yang cepat dan respon yang baik menjadi kunci penting dalam sebuah bisnis percetakan yang berhasil. Biasakan respon yang cepat dan tanggap dalam menghadapi konsumen.

 

2. Penentuan Harga Percetakan

Strategi penentuan harga juga sangatlah penting dalam menjalankan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil ini. Banyak tempat cetak lainnya yang menawarkan harga murah tetapi tidak memperhatikan kualitasnya.

Seharusnya harga yang kompetitif tidak mengurangi kualitas hasil produksi. Pertimbangkan masak-masak kualitas hasil cetaknya. Misalkan saja cetak brosur dan stiker, maka warna dan kertas yang baik dan sesuai kualitasnya.

 

3. Promosikan Bisnis Pecetakan Di Website dan Juga Social Media

Di era digitalisasi saat ini website juga menjadi kunci penting dalam menjalankan bisnis percetakan. Website dapat dijadikan sebuah media pemasaran yang paling efektif dan murah.

TIdak kalah penting, media social memberikan peranan penting untuk memasarkannya. Gunakan saja Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya untuk memasarkan jaa ceak Anda. Jika membutuhkan portfolio yang membutuhkan penjelasan khusus, gunakan saja video.

Pemasaran jasa cetak melalui website dan media social jauh lebih efektif karena sekarang sebagian besar konsumen mencari sesuai di internet. Promosi usaha yang menjanjikan dengan modal kecil ini jauh lebih murah ketimbang cara konvensional.

4. Berikan Layanan Yang Tepat Waktu

Salah satu kunci sukses lainnya dalam menjalankan bisnis percetakan ini adalah ketepatan waktu. Tepat waktu dalam menyelesaikan orderan akan menimbulkan rasa percaya konsumen kepada bisnis anda.

Nah untuk itu sebelum menerima order atau pesanan, pertimbangkan dengan cermat waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Untuk menghindari lupa dengan deadline, sangat dianjurkan untuk memakai Post it, Apa itu Post it ? Post it adalah Sticky note untuk keperluan menulis deadline yang akan dikerjakan.

Komentar