Hot Borneo

Hujan Deras, Desa Hulu Banyu HSS Mulai Terendam

apahabar.com, KANDANGAN – Intensitas curah hujan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali mengalami peningkatan….

Featured-Image
Desa Hulu Banyu Loksado terendam banjir luapan sungai. Foto-Warga untuk apahabar.com

apahabar.com, KANDANGAN – Intensitas curah hujan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali mengalami peningkatan.

Akibatnya, kawasan Pegunungan Meratus di Desa Hulu Banyu RT 3, Kecamatan Loksado mulai terendam banjir dari luapan air sungai, Jumat (9/9).

Berdasarkan informasi dari warga setempat, Sungai Pantai Langsat anak Sungai Amandit di Desa Hulu Banyu, Loksado mengalami kenaikan hingga tiga meter dari biasanya.

“Naik tiga meter dari biasanya di Sungai Pantai Langsat, untuk di Sungai Amandit hanya ada kenaikan sedikit,” kata Yusran.

Untungnya sekitar pukul 16.30 Wita, debit air mulai mengalami penurunan dan berangsur kembali normal seperti biasa.

“Mulai surut, tadi kira-kira setengah jam naik dan masih kondisi aman. Sekarang mulai turun,” bebernya.

Hingga kini, warga Desa Hulu Banyu dan kawasan Pegunungan Meratus Loksado masih siaga jika sewaktu-waktu air kembali mengalami peningkatan.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS, Kusairi menyampaikan bahwa hujan mulai pagi hingga sore ini menyebabkan adanya peningkatan debit air sungai m

“Kami sudah berkoordinasi dengan petugas BPBD HSS, Bendungan Malutu Padang Batung aman. Status masih waspada banjir,” bebernya.

Sedangkan untuk Bendungan Telaga Langsat, Kusairi mengungkapkan ada kenaikan lagi seperti beberapa waktu lalu meskipun tidak terlalu tinggi.

“Masih tahap waspada, semua dalam keadaan normal walaupun Kabupaten HSS masih turun hujan ringan,” lanjut Kusairi.

Pihaknya bersama Satuan Tugas (Satgas) desa dan kecamatan terus memantau perkembangan setiap detik dan menit di HSS.

“Sementara masih aman. Mudah-mudahan kita berdoa supaya banua kita dalam keadaan aman,” pungkasnya.

Komentar