News

Hippindo Dukung Peritel Cetuskan 15 Agustus sebagai Hari Ritel Modern Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) mengusulkan 15 Agustus menjadi Hari…

Featured-Image
Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah. Foto: Thomas/apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) mengusulkan 15 Agustus menjadi Hari Ritel Modern Indonesia. Usulan tersebut dilakukan bertepatan dengan hari jadi Mall Sarinah yakni pada 15 Agustus 1966.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menjelaskan bahwa selama 3 tahun sektor ritel menghadapi tantangan berat yang diakibatkan oleh pandemi, maka pada 15 Agustus 2022 ini dijadikan momentum untuk membangkitkan kembali sektor ritel.

“Kita akan buka toko toko yang tutup, jadi Pak Erick bilang tergantung pusat belanjanya. Kita akan bekerjasama antara retailer dengan mallnya dan juga dengan semua supllier,” ujarnya dalam acara Opening Ceremony Retail Summit 2022, di Sarinah Jakarta, Senin (15/8).

Dia menambahkan bahwa Indonesia Retail Summit yang diadakan tanggal 15 dan 16 Agustus akan menjadi tempat untuk berkumpulnya semua stakeholder, untuk berdiskusi dan melakukan transaksi investasi pada sektor ritel.

Menurutnya Indonesia harus berbangga karena memiliki Mall Sarinah sebagai ritel dan pusat perbelanjaan modern pertama di Asia Tenggara. Mall Sarinah menjadi kekuatan baru sektor ritel offline karena bisa kembali mendatangkan pengunjung untuk kembali ke mall.

Dia menerangkan jika ritel merupakan lokomotif yang mebawa semua ekosistem sehingga penting untuk segera mensehatkan kembali kondisi ritel di Indonesia. Dukungan pemerintah terhadap sektor ritel tidak sebatas untuk sektor lokal namun juga sektor regional maupun global.

Budi juga menyatakan akan ada kesepakatan antara Indonesia retailer dan Malaysia retailer pada tanggal 15 Agustus 2022 untuk membuat Asian Retail Union.

“Kita mempunyai agenda kerja regional, kita akan tingkatkan eskpor kita ke negara tetangga harapan kami ini dapat kita maksimalkan,” tutupnya. (Thomas)

Tags
News
Komentar