Relax

Hidup Terasa ‘Begitu Syulit’? 5 Kata Bijak Tokoh Dunia Ini Bisa Menginspirasi

apahabar.com, JAKARTA – “Begitu syulittt lupakan Raihan, apalagi Raihan baik…” Demikian lantunan yang belakangan ini berseliweran…

Featured-Image
Ilustrasi tentang inspirasi semangat (Foto: Kompasiana)

apahabar.com, JAKARTA“Begitu syulittt lupakan Raihan, apalagi Raihan baik…” Demikian lantunan yang belakangan ini berseliweran di media sosial. Intan, wanita di balik video viral tersebut, kabarnya menyanyikan lagu ini untuk sang pujaan hati.

Tembang berjudul Kamu Baik karya Stefan William itu memang menuturkan betapa sulitnya melupakan seseorang yang dikasihi. Sekaligus, menggambarkan betapa susahnya mencari pengganti tambatan hati.

Dalam kehidupan, bukan soal percintaan saja yang terasa sulit. Langkah untuk melanjutkan hidup boleh jadi terasa bagaikan beban, manakala tugas dan tanggung jawab yang diemban terlampau berat.

Adalah hal yang wajar jika Anda merasa demikian. Namun, kalau sudah begitu, sebaiknya carilah inspirasi agar Anda memiliki semangat untuk menyambung hidup. Motivasi ini bisa datang dari mana saja, entah keluarga, teman, bahkan tokoh inspiratif dunia sekali pun.

Untuk itu, berikut apahabar.com rangkum kata-kata bijak tokoh dunia yang menginspirasi dari berbagai sumber:

1. Makna Hidup dari John F. Kennedy

“Hidup tidak pernah mudah. Ada pekerjaan yang harus dilakukan dan kewajiban yang harus dipenuhi – kewajiban terhadap kebenaran, keadilan, dan kebebasan.”

Begitulah motivasi yang keluar dari mulut mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy. Darinya bisa dipetik hikmah, kewajiban untuk menegakkan hal-hal baik memang tidak selalu berjalan mulus.

Jadi, adalah hal lumrah bila Anda merasa berat menjalani hidup dengan memanggul tanggung jawab yang berkaitan dengan kebaikan. Jangan pernah menganggap diri sendiri lemah hanya karena itu.

2. Makna Kegagalan bagi Arianna Huffington

“Kita tidak akan selalu membuat keputusan yang tepat, kadang-kadang akan mengacaukannya – memahami bahwa kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan, justru itu adalah bagian dari kesuksesan.”

Bagi Anda yang sedang terpuruk karena belum berhasil memenuhi impian, petuah bijak dari penulis kenamaan Amerika, Arianna Huffington, bisa jadi insipirasi. Menurutnya, kegagalan bukan akhir dari segalanya, melainkan adalah awal menuju kesuksesan.

3. Makna Peluang dari Hellen Keller

“Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu lain terbuka; tetapi seringkali kita terlalu lama melihat pintu yang tertutup sehingga kita tidak melihat pintu yang telah dibukakan untuk kita.”

Hellen Keller, seorang penyandang disabilitas yang kehilangan penglihatan dan pendengaran di usia 19 bulan, memetik hikmah dari perjalanan hidupnya. Bagi dirinya, peluang untuk maju tak cuma bersumber dari satu ‘pintu’.

Menurut Keller, jangan hanya berfokus pada kegagalan, sampai-sampai mengabaikan peluang lain yang ada. Sebab, masih banyak jalan menuju kesuksesan, asalkan yang bersangkutan bisa melihat peluang tersebut.

4. Makna Insecure bagi Anne Frank

“Setiap orang memiliki kabar baik di dalam diri mereka. Kabar baiknya adalah kamu tidak tahu betapa hebatnya dirimu! Berapa banyak yang bisa kamu cintai! Apa yang dapat kamu capai! Dan apa potensimu.”

Bagi Anda yang sering merasa insecure alias rendah diri, petuah bijak dari penulis buku diary kenamaan, Anne Frank, bisa jadi motivasi. Menurutnya, tiap orang punya kelebihan tersendiri, dan itulah yang membuatnya unik sekaligus berbeda dari yang lain.

Jadi, jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.Apalagi, sampai membuat diri sendiri merasa punya banyak kekurangan dan tak berharga.

5. Makna Pantang Menyerah dari Thomas Alfa Edison

“Banyak dari kegagalan hidup adalah orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah.”

Bagi Anda yang hendak menyerah dalam memperjuangkan sesuatu, petuah dari penemu lampu bohlam, Thomas Alfa Edison, boleh jadi pertimbangan. Menurutnya, justru ketika seseorang menyerah, kesuksesan yang sebenarnya sudah berada di depan mata.

Demikianlah lima kata-kata bijak dari tokoh dunia tentang kehidupan yang bisa menginspirasi. Semoga petuah-petuah tersebut dapat menjadi dorongan untuk membantu Anda tetap berdiri tegak di tengah terpaan masalah hidup. Semangat!

Komentar