Relax

Heboh Bjorka, Indonesia Juga Punya Deretan Hacker yang Pernah Menyita Sorotan Dunia

apahabar.com, JAKARTA – Belakangan ini, jagat maya Tanah Air dihebohkan dengan eksistensi hacker bernama Bjorka. Lewat…

Featured-Image
Ilustrasi hacker Bjorka. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Belakangan ini, jagat maya Tanah Air dihebohkan dengan eksistensi hacker bernama Bjorka. Lewat akun Twitter dan Telegram pribadinya, peretas itu membocorkan jutaan data penduduk Indonesia, beserta database instansi pemerintah dan data pribadi para pejabat.

Meski sekilas terlihat paham betul dengan kondisi di negeri ini, Bjorka diduga berasal dari Polandia. Asumsi ini muncul lantaran sang hacker menyematkan lokasi tersebut pada akun Twitter-nya, @bjorkanism.

Terlepas dari identitasnya, Bjorka ‘sukses’ membuat Pemerintah Indonesia kalang kabut. Begitu pun dengan sederet hacker asal Indonesia, yang juga sempat menghebohkan negara lain dengan aksi peretasannya.

Bahkan, para hacker Indonesia itu sudah beraksi, jauh sebelum teknologi menjadi secanggih saat ini. Merangkum berbagai sumber, berikut deretan peretas Tanah Air yang pernah menyita sorotan dunia.

HMEI7

Dua puluh satu tahun silam, tepatnya pada 2001, hacker bernama HMEI7 sukses mengobrak-abrik website WordPress. Situs-situs besar seperti IBM dan Pizza Hut pun berhasil dia retas.

Tak berhenti di situ, HMEI7 juga berhasil melakukan defacing pada ribuan website hanya dalam waktu dua hari. Atas ‘pencapaian’ tersebut, dia mendapat julukan Master of Mass Defacer.

Hingga kini, belum diketahui identitas asli dari si peretas bertaraf internasional itu. Namun, HMEI7 diyakini masih aktif di forum hacker Indonesia dengan nama berbeda.

XsvsHacker

Peretas lain yang juga berhasil membobol situs luar negeri adalah XsvsHacker. Tak main-main, pada 2011, dia meretas situs Kepresidenan Israel, server Departemen Kepolisian New York (NYPD), Central Intelligence Agency (CIA), dan server game Zynga.

Dalam aksi itu, XsvsHacker mencuri data penting, serta melakukan defacing ke lebih dari 430 ribu situs dunia. Akibatnya, dia menjadi buronan FBI.

Hingga saat ini, badan investigasi Amerika Serikat itu dikabarkan masih mencari keberadaan XsvsHacker. Namun, berdasarkan data ‘bawah tanah’, peretas kelas dunia ini bernama Sandy Afrian.

Bio666x

Pada 2019, peretas dengan nama Bio666x berhasil mematikan jaringan Malaysia. Juga, berpartisipasi dalam perang cyber antara Indonesia dan Australia.

Dari perang tersebut, Bio666x sukses melakukan deface website resmi negara kanguru tersebut. Selain itu, dia pernah meretas data-data penting kemiliteran Singapura.

Berbeda dengan HMEI7 dan XsvsHacker yang identitasnya masih misterius, Bio666x diketahui bernama asli Yogi Nugraha. Pria yang kala itu masih berusia 19 tahun, ternyata mempelajari cara peretasan secara otodidak.

Kang Onno

Pamor hacker sejatinya tak melulu berkonotasi negatif, sebagaimana dibuktikan oleh Kang Onno. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini justru meraih penghargaan Jonathan B Postel Service Award.

Penghargaan itu diberikan atas kontribusi teknis, kepemimpinan, dan pengabdian yang luar biasa bagi komunitas internet global.

Hacker dengan nama asli Onno Widodo Purbo ini bahkan berkesempatan melanjutkan pendidikan ke Kanada dengan beasiswa, usai sebelumnya menyandang gelar wisudawan terbaik S1 Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB).

Itulah deretan hacker Indonesia yang pernah menyita perhatian dunia. Terpukaukah Anda dengan jejak mereka di dunia peretasan? (Nurisma)

Komentar