Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022: Lewandowski Pecah Telur, Polandia Tarik Arab Saudi ke Bumi

Sempat terbang ke langit ketujuh usai menekuk Argentina di Piala Dunia 2022, Arab Saudi dikembalikan Polandia ke bumi.

Featured-Image
Robert Lewandowski mencetak gol penutup kemenangan Polandia atas Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Foto: SI

apahabar.com, AL RAYYAN - Sempat terbang ke langit ketujuh usai menekuk Argentina di Piala Dunia 2022, Arab Saudi dikembalikan Polandia ke bumi.

Arab Saudi yang tampil brilian melawan Argentina di matchday pertama, justru takluk di tangan Polandia dalam pertandingan kedua di grup C, Sabtu (26/11) malam.

Bermain di Education City Stadium, Al Rayyan, Arab Saudi memang tampil mendominasi. Bahkan mereka lebih dulu memperoleh peluang pertama.

Tendangan keras Mohammed Kanno yang menyambar umpan tarik Firas Al Buraikan, mengawali kans Arab Saudi di menit 14, tetapi masih bisa ditepis kiper Wojciech Szczesny.

Selanjutnya pertandingan berlangsung keras, hingga Polandia mendapat tiga kartu kuning hana dalam waktu empat menit.

Polandia nyaris memecah kebuntuan di menit 26, seandainya tandukan Krystian Bielik tak disundul oleh Saleh Al Shehri di mulut gawang Arab Saudi yang sudah tak terkawal.

Selepas 30 menit, Bialo-Czerwoni (julukan Polandia) mulai bisa menguasai pertandingan. Akhirnya mereka mencetak gol di menit 39 lewat.

Pietr Zielinski dalam posisi tidak terkawal di dalam kotak penalti, sehingga bisa memanfaatkan umpan manis Robert Lewandowski.

Memasuki menit 44, Arab Saudi memperoleh hadiah penalti, menyusul pelanggaran Krystian Bielik kepada Saleh Al Shehri di kotak terlarang.

Akan tetapi, Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor gagal menaklukkan Szczesny. Bola rebound yang disambar Mohammed Al Burayk, juga tidak bisa menjadi gol.

Wojciech Szczesny semdiri benar-benar menjadi sosok yang sulit ditaklukkan Arab Saudi, ketika melakukan penyelamatan dari jarak dekat dengan menghalau sepakan Salem Al-Dawsari di menit 49.

Arab Saudi kembali mendapatkan peluang di menit 60 melalui Feras Al-Brikan. Setelah mendapat umpan di dalam kotak penalti, sepakan Al-Brikan masih jauh melambung.

Malah Polandia nyaris memperbesar keunggulan di menit 63, seandainya sundulan Arkadiusz Milik tidak membentur mistar gawang Arab Saudi.

3 menit berselang, giliran Lewandowski yang mendapatkan kesempatan menempatkan nama di papan skor. Namun sontekan striker Barcelona ini ditepis kiper Mohammed Al Owais dan bola bergulir mengenai tiang kiri gawang.

Akhirnya Lewandowski benar-benar mampu mencetak gol di menit 82. Diawali kesalahan kontrol Abdelelah Al Malki, bola direbut Lewandowski yang selanjutnya dengan tenang mengecoh kiper.

Inilah gol perdana Robert Lewandowski di putaran final Piala Dunia, setelah 14 tahun melakoni debut bersama Timnas Polandia, serta mencetak 76 gol dan bermain sebanyak 135 kali.

Bahkan Lewandowski nyaris mencetak gol kedua. Namun pria berusia 34 tahun ini gagal menaklukkan Al Owais dalam posisi satu lawan satu di kotak penalti. 

Akhirnya hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 tidak berubah untuk kemenangan Polandia. Hasil ini sekaligus mengantarkan mereka ke puncak klasemen grup C dengan 4 poin.

Adapun Arab Saudi di peringkat ketiga dengan 3 poin. Persaingan pun kian panas, mengingat Argentina masih belum mengais poin.

Editor
Komentar