Tak Berkategori

Hasil MotoGP San Marino: Francesco Bagnaia Cetak Quattrick

apahabar.com, MISANO – Francesco Bagnaia berhasil mencetak quattrick alias empat kemenangan beruntun, setelah finis terdepan di…

Featured-Image
Francesco Bagnaia memenangi duel ketat melawan Enea Bastianini di MotoGP San Marino. Foto: Crash

apahabar.com, MISANO – Francesco Bagnaia berhasil mencetak quattrick alias empat kemenangan beruntun, setelah finis terdepan di MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Minggu (4/9).

Balapan ini berlangsung ketat dan bahkan sudah diwarnai insiden di sesi awal. Tepat di tikungan pertama, tiga pembalap terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Mereka adalah Johann Zarco, Michael Pirro dan Pol Espargaro.

Kemudian di lap 2, Jack Miller mengalami kesialan serupa. Pembalap Ducati ini terjatuh di tikungan 4, ketika sedang memimpin lomba.

Insiden yang dialami Jack Miller dimanfaatkan Enea Bastianini untuk mengambil alih posisi terdepan. Namun situasi ini tak begitu lama, karena Francesco Bagnaia dapat menyalip.

Masih di lap 2, Marco Bezecchi juga mengalami insiden. Padahal pembalap VR46 ini melakoni start apik dan sempat menghuni peringkat empat.

Maverick Vinales tampil tak kalah brilian. Pembalap Aprilia ini juga berhasil menelikung Enea Bastianini untuk menempati posisi kedua.

Berbeda dengan Vinales, Aleix Espargaro tampak cukup kesulitan mempertahankan posisi kelima. Tepat di lap 7, rider Aprilia ini disalip Fabio Quartararo.

Hingga memasuki separuh lomba dari total 27 lap, Francesco Bagnaia masih memimpin diikuti Maverick Vinales, Enea Bastianini, Luca Marini dan Fabio Quartararo.

Kemudian Aleix Espargaro, Alex Rins, Jorge Martin, Miguel Oliveira dan Alex Marquez melengkapi jajaran sepuluh besar.

7 lap tersisa, perubahan terjadi barisan depan. Enea Bastianini berhasil mencuri kesempatan untuk menyalip Maverick Vinales dan bercokol di peringkat kedua.

Sama-sama menggunakan pilihan ban depan hard dan belakang medium, Enea Bastianini terus menempel Francesco Bagnaia.

Hingga balapan berakhir, Francesco Bagnaia masih balapan dengan keunggulan tidak sampai 1 detik atas Enea Bastianini.

Maverick Vinales di urutan ketiga, diikuti Luca Marini dan Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Alex Rins, Brad Binder, Jorge Martin, dan Miguel Oliveira melengkapi jajaran sepuluh besar finisher.

Dalam situasi ini, Fabio Quartararo masih diuntungkan dalam perburuan gelar juara dunia MotoGP. Pembalap Monster Energy Yamaha ini mengemas 211 poin, unggul 30 atas Francesco Bagnaia.

Sedangkan Aleix Espargaro masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 178 poin atau tertinggal 33 poin dari Fabio Quartararo.

Komentar