Sport

Hari Olahraga Nasional ke-39 Akan Digelar di Balikpapan, Intip Acaranya

apahabar.com, JAKARTA – Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) diperingati setiap tanggal 9 September. Tahun ini, Haornas yang…

Featured-Image
Konfigurasi menarik akan tersaji pada perayaan peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-39 tahun 2022. (Foto: istimewa)

apahabar.com, JAKARTA – Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) diperingati setiap tanggal 9 September. Tahun ini, Haornas yang telah memasuki tahun ke-39 mengangkat tajuk “Bersama Cetak Juara”. Kata bersama dimakani untuk mencetak juara sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Perayaan Haornas kali ini diselenggarakan Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, sebagai puncak acara. Menteri Pemuda dan Olahrga, Zainudin Amali, memastikan bahwa pemilihan lokasi di Kalimantan merupakan komitmen pemerintah dalam menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Acara Haornas

Pada perayaan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) akan menghadirkan 750 muda-mudi pelajar Indonesia. Sejumlah kegiatan akan diadakan termasuk ajang pesta musik Sound Session yang menampilkan grup band Noah serta Bunga Citra Lestari dan juga sebelumnya digelar Turnamen Sepakbola Asian School Football U-18 Championship. Wakil Presiden Indonesia Ma’Ruf Amin juga ikut hadir di tengah-tengah pengunjung.

Panitia Haornas di bawah komando Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta bersama Kabag Humas Kemenpora, Indra Jayaatmaja berencana akan ada menyajikan Haornas secara outdoor, setelah dua tahun terakhir dilaksanakan dengan indoor karena ada pandemi Covid-19.

“Melalui tari ini menggambarkan semangat pasca pandemi untuk menuju kebangkitan di semua sektor, terlebih pada sektor olahraga, meski telah menunjukkan tren yang sangat positif di bawah Menpora Zainudin Amali, melalui hasil dari Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, SEA Games Vietnam dan tim Merah Putih mempertahankan gelar juara umum di multi event ASEAN Para Games Solo beberapa waktu lalu,” tutur Raden Isnanta dalam keterangan persnya, Senin (6/9).

Sebagai informasi, puluhan ribu orang akan memadati stadion megah kebanggan masyarakat Balikpapan yang berkapasitas 40 ribu orang meliputi para stakeholder olahraga Indonesia, atlet berprestasi, para legenda atlet hingga siswa pelajar dari jenjang SD sampai SMA. Ini untuk mencerminkan semangat kolaborasi DBON dengan tujuan Bersama Cetak Juara.

“SKJ Pelajar ini sebagai simbol bahwa pelajar dari jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK pun harus bugar melalui gerak aktif, semua level pendidikan turun dengan membentuk konfigurasi-konfigurasi menarik, salah satunya membentuk identitas Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni sayap Garuda,” pungkas Raden Isnanta.

“Selain mewujudkan Indonesia lebih bugar, berkarakter unggul dan masyarakat yang produktif, sada dua ciri khas dari olahraga, yakni Indonesia itu harus bugar serta berprestasi dunia, selain itu akan ada juga konfigurasi Indonesia Maju, seiring dengan misi Bapak Presiden Jokowi terhadap NKRI,” tutupnya.

Reporter: Awan

Komentar