News

Hari Ini, Cilacap Sudah Diguncang Gempa Dua Kali

Dua kali gempa sudah terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (29/10) pagi. Jika sebelumnya berkekuatan Magnitudo 4,7, pada gempa susulan berkekuata

Featured-Image
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Cilacap, Sabtu (29/10). Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA - Dua kali gempa sudah terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (29/10) pagi. Jika sebelumnya berkekuatan Magnitudo 4,7, pada gempa susulan berkekuatan magnitudo 3,2.

"Info Gempa Mag:3.2," tulis BMKG dalam keterangannya, dilansir Detik, Sabtu (29/10).

BMKG mencatat gempa M 3,2 ini terjadi pukul 09.39 WIB. Lokasi gempa berada di 8,73 Lintang Selatan dan 108,76 Bujur Timur.

Tepatnya berada di 114 kilometer barat daya Cilacap, Jawa Tengah. Kedalaman gempa 9 kilometer.

Sebelumnya gempa berkekuatan M 4,7 terjadi pukul 08.02 WIB. Lokasi gempa berada di 8,33 Lintang Selatan dan 109,09 Bujur Timur.

Pusat gempa tepatnya di 67 km tenggara Cilacap, Jawa Tengah. Kedalaman gempa 19 kilometer. Gempa ini dirasakan di Cilacap, Kebumen hingga Jogja.

"Tidak berpotensi tsunami," ucap BMKG.

Gempa pertama dirasakan oleh sejumlah warga yang tinggal di Pulau Nusa Kambangan.

Salah satu warga bernama Mutiar mengatakan gempa terjadi pukul 08.00 WIB. Guncangan gempa membuat kaca rumahnya bergetar.

"Gempa tadi jam 8-an, lumayan gede, kaca rumah sampai bergetar semuanya," kata Mutiara yang tinggal di Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut, Cilacap seperti dilansir detikJateng, Sabtu (29/10/2022).

Menurut Mutiara, guncangan gempa terasa kuat. Namun, ia bersyukur tidak ada bangunan rumah yang rusak akibat gempa tersebut.

Selain itu ia dan warga lainnya merasa pusing di kepala. Rasa pusing itu akibat guncangan gempa yang terasa kuat tersebut.


"Kerasa kayak pusing, tapi sebentar doang. Tapi nggak papa, nggak ada yang rusak," terang dia.

Editor
Komentar