Pemilu 2024

Gus Yahya Sebut PBNU Tidak Ada Sangkut Paut dengan Parpol

Gus Yahya mengatakan PBNU memang punya hubungan dengan PKB namun tidak erat dan tidak ada sangkut pautnya soal politik.

Featured-Image
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Gus Yahya, menegaskan PBNU tidak ada hubungan dengan Partai Politik manapun menjelang Pemilihan Presiden 2024. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

apahabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Gus Yahya, menegaskan PBNU tidak ada hubungan dengan Partai Politik manapun menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Gus Yahya mengatakan PBNU memang punya hubungan dengan PKB namun tidak erat dan tidak ada sangkut pautnya soal politik.

"Soal hubungan dengan PKB tidak erat, memang tidak erat mas. Sama tidak eratnya dengan hubungan PBNU dengan partai yang lain. Karena semuanya ini kami anggap sama," ujar Yahya Cholil Staquf di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (15/9)

Baca Juga: PKB Minta Usut Penjegalan Cak Imin Hadiri MTQ di Tanah Laut

Gus Yahya menjelaskan soal pembentukan PKB merupakan inisiasi dari masyarakat NU. Kemudian setelah PKB sudah bisa mandiri, NU mempersilakan PKB berkompetisi sehat dengan partai-partai politik lainnya.

"Lah PKB kan dulunya yang membentuk PBNU, iya. Kenapa dulu PBNU membentuk PKB? Karena sejumlah warga yang jumlahnya cukup banyak tokoh-tokohnya meminta PBNU membuatkan partai," ujarnya.

Gus Yahya juga menegaskan PBNU tak bisa menyuplai keuangan PKB terus-menerus dan menengaskan PKB harus bisa mandiri untuk bisa bersaing dengan Parpol lainnya.

"Nah, sudah dibuatkan, ya sudah. PBNU ya tidak bisa lagi kemudian diharuskan untuk menyuapi partai yang dibentuk ini, silakan jalan berkompetisi dengan yang lain secara rasional," ujarnya.

Baca Juga: Perjuangkan Aspirasi Nahdliyin, PBNU Bantah Beri Mandat Khusus ke PKB

Diketahui, mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan PKB dilahirkan oleh PBNU dan surat keputusan (SK) pendirian PKB juga ditandatangani langsung oleh Abdurrahman Wahid atau Gusdur yang kala itu menjadi Ketua Umum PBNU.

"PKB itu partai politik yang dilahirkan oleh PBNU," Said Aqil.

Said Aqil menjelaskan mengatakan dirinya adalah salah satu anggota tim lima yang saat berdirinya PKB, dan memang PKB sebelumnya hasil bentukan dari PBNU

"Jadi nggak bisa diingkari, nggak bisa dipungkiri, sejarah itu. PKB partai politik yang dilahirkan oleh PBNU," tukasnya.

Editor
Komentar
TrendingLainnya