Kalsel

Gaet Ammar Zoni, Dekranasda Banjarbaru Perkenalkan Kompleks Kreatif UMKM di Mes L

apahabar.com, BANJARBARU – Mes L Banjarbaru disulap menjadi kompleks kreatif UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah…

Featured-Image
Soft Opening Dekranasda Creative Hub Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Mes L Banjarbaru disulap menjadi kompleks kreatif UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru.

Pada Rabu (2/1) sore tadi, Soft Opening Creative Hub Dekranasda Kota Banjarbaru digelar di sana dengan dihadiri para pejabat lingkup Pemkot Banjarbaru hingga artis ternama Ammar Zoni.

Dekranasda Creative Hub sendiri merupakan kompleks kreatif yang melibatkan UMKM dari berbagai kategori seperti fashion, food and beverage, kerajinan tradisional dan lain sebagainya. Yang juga merupakan sarana pameran kebudayaan.

“Dengan hadirnya kompleks kreatif Dekranasda Banjarbaru ini diharapkan dapat menjadi sebuah destinasi serta penggerakan ekonomi kreatif bagi seluruh masyarakat Banjarbaru,” ujar Ketua Dekranasda Banjarbaru, Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin.

Juga, lanjutnya menjadi momentum kebangkitan sektor UMKM sebagai upaya mencapai kemandirian serta memberdayakan potensi ekonomi masyarakat dan daerah.

“Utamanya untuk lebih mengenalkan produk unggulan Banjarbaru ke khalayak umum,” terangnya.

Dan mampu bersaing di pasar lokal, nasional bahkan internasional dengan ciri khas tersendiri. Tentunya tetap memprioritaskan kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

“Jangan hanya mencintai produk lokal tapi juga membelinya,” tuntas istri Wali Kota Banjarbaru itu.

Sementara itu, artis sekaligus CEO Halal Export Indonesia (HEI), Amar Zoni mengapresiasi adanya Creative Hub di Mes L Banjarbaru.

Menurut Ammar, hadirnya kompleks kreatif itu disebutnya bakal bisa lebih mengekspansi produk lokal.

“Dekranasda Banjarbaru berkolaborasi dengan Halal Export Indonesia untuk mengexpor barang-barang atau produk ke seluruh dunia,” kata Ammar.

Dinilainya, produk UMKM dan IKM yang terpajang di kompleks kreatif itu katanya semua menarik.

Sehingga wadah pengembangan UMKM dengan rumah produksi bersama dan sarana kreatif, sebutnya sangat membantu, bukan hanya pelaku UMKM tapi juga masyarakat Banjarbaru pada umumnya.

Sebagai informasi, kompleks kreatif di Mess L itu memiliki luasan lebih dari 6.000 meter persegi, dengan lahan parkir dan area terbuka yang luas. Serta ada 9 unit toko dan 10 stan yang tentunya mampu mengakomodir para Perajin, juga IKM dan UMKM di bidang makanan dan minuman.

Ditambah dengan polesan nuansa modern tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal, diharapkan kompleks kreatif dapat menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat dan juga para wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarbaru.

Dekranasda Banjarbaru sendiri sukses membawa salah satu produk binaan untuk mengikuti ajang Pamor Borneo di Singapura pada 2021 lalu, dan berhasil menempati posisi ke-3 untuk penjualan terbanyak.

Komentar