DPRD Kalsel

Fit and Proper Test LPPL Abdi Persada Rampung, Tinggal Tunggu Pelantikan

apahabar.com, BANJARMASIN – Belum lama tadi Komisi I DPRD Kalsel menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau…

Featured-Image
Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas. Foto-Net.

apahabar.com, BANJARMASIN – Belum lama tadi Komisi I DPRD Kalsel menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test untuk para calon dewan pengawas (Dewas) LPPL Abdi Persada.

Hasilnya pun sudah dilayangkan ke Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel. Akan tetapi, hampir sebulan lebih Diskominfo belum mengumumkan tiga orang terpilih dan tiga orang yang bakal menjadi PAW Dewas.

“Hasil uji kelayakan dan kepatutan sudah disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD kepada Ketua DPRD Kalsel dan Diskominfo. Dengan demikian tugas kami berakhir. Selanjutnya Kominfo menetapkan 3 orang jadi Dewas,” kata anggota Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas, Rabu (31/8).

Menurut Suripno, pihaknya sudah menunaikan tugas dengan objektif.

Seleksi calon Dewas Abdi Persada dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama seleksi oleh tim panitia seleksi yang dikoordinir Diskominfo. Kemudian, seleksi tahap dua adalah uji kelayakan dan kepatutan di DPRD.

Suripno juga menegaskan, seleksi oleh Diskominfo hanya untuk menyaring beberapa peserta untuk selanjutnya diusulkan kepada DPRD. Kemudian DPRD Kalsel-lah yang menetapkan enam orang Dewas besar berdasarkan penilaian uji kelayakan dan kepatutan.

“Uji kelayakan dan kepatutan untuk melihat kemampuan visi misi, kemampuan akademisi terkait pengetahuan lembaga penyiaran, termasuk kebijakan dan inovasi yang akan dilaksanakan apabila jadi Dewas. Itulah yang jadi hasil kami dan kami menilai secara kumulatif. Dari semua anggota dewan memperhatikan jawaban dari situ dinilai,” bebernya.

Penilaian dibagi dalam beberapa bagian. Nilai terendah 60 dan tertinggi 90 dengan kelipatan 5, yaitu 65, 70, 75, dan seterusnya. Dari penilaian seluruh anggota Komisi itu dihitung secara kumulatif, lalu muncul rangking 1 dengan nilai tertinggi dan seterusnya sampai rangking 6.

“Harapan Dewas terpilih segera ditetapkan. Tanggung jawab kami sudah dilimpahkan ke kominfo untuk segera di SK kan,” pungkasnya.

Komentar