Hot Borneo

Fakultas Ekonomi Sabet Juara di Kompetisi Akuntansi Nasional 2022 ULM

apahabar.com, BANJARMASIN – Digelar maraton, pekan Ilmiah Akuntansi 2022 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin 10 –…

Featured-Image
Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin 10 – 12 Agustus melahirkan juara kelas nasional. Foto-ULM

apahabar.com, BANJARMASIN – Digelar maraton, pekan Ilmiah Akuntansi 2022 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin 10 – 12 Agustus melahirkan juara kelas nasional.

Salah satu juaranya lah tim yang dikirim Fakultas Ekonomi UIN Malang. Tim itu berhasil membawa pulang juara 1 di kompetisi dua tahunan yang juga didukung oleh Bank Kalsel dan media patner apahabar.com serta I Radio Banjarmasin.

"Cakupan materi yang diuji sangat banyak. Untuk memudahkan penguasaan materi, kami berbagi tugas agar dapat mendalami setiap topik. Alhamdulillah, kami dapat meraih juara 1 di ajang ini" kata Rifqi, mewakili tim, belum lama tadi.

Sebelum menyabet juara, para peserta mengikuti babak penyisihan dilakukan secara online dengan cara mengerjakan 100 soal pilihan ganda.

Sedangkan pada semifinal dan final, peserta diminta menjawab 20 soal secara lisan dan tertulis, menjawab dengan sistem tercepat, dan presentasi isu akuntansi terkini.

Di penyisihan itu UIN Malang mengantongi skor nilai tertinggi dengan akumulasi 291,75.

Untuk menjadi juara peserta mesti menyelesaikan berbagai soal yang beragam seperti misalnya, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Perpajakan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya, Auditing, Teori Akuntansi, Manajemen Investasi & Pasar Modal, Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Isu Akuntansi Terkini.

Sementara Ketua Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 di Universitas Lambung Mangkurat, Muhammad Diky Firjatullah mengatakan tahun ini Pekan ilmiah akuntansi mengangkat teman ‘Bersama ciptakan sinergi akuntan sebagai wujud nyata menuju Indonesia emas 2045’

“Kita juga melaksanakan empat agenda lain yang juga memiliki tema dan konsep acara masing-masing,” kata Diky.

Pekan ilmiah ini kata dia memiliki empat agenda, pertama Lomba Accounting Competition dengan tema "Optimalisasi Potensi yang Unggul dan Kompetitif sebagai Manifestasi Generasi Akuntan yang Gemilang",

Kedua seminar nasional dengan tema “Data Analytics dan Akuntan Profesional di Era Revolusi Industri 4.0,”

Ketiga, workshop nasional dengan tema "Penerapan Cloud Accounting pada Penyusunan Laporan Keuangan.

Keempat adalah field trip dan gala dinner dengan tema "Ciptakan Kebahagiaan dengan Mempererat Persaudaraan pada Malam Puncak PIA 2022"

Event Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 merupakan salah satu program kerja HMA FEB ULM yang dibentuk pada tanggal 6 maret 2022 dengan jumlah panitia 131 yang dibagi menjadi 11 divisi, 10 steering committee dan 1 penanggung jawab. (Adv)

Komentar