Hot Borneo

Evakuasi Rumah Tiba-Tiba Runtuh di Patmaraga Kotabaru Terpaksa Dihentikan Sementara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru menghentikan sementara evakuasi rumah tiba-tiba runtuh di Patmaraga Kotabaru, Minggu (23/10/2022).

Featured-Image
Evakuasi rumah tiba-tiba runtuh di Patmaraga Kotabaru oleh BPBD Kotabaru dan relawan terpaksa dihentikan sementara, Minggu (23/10/2022) malam. Foto-BPBD Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru terpaksa menghentikan sementara evakuasi rumah tiba-tiba runtuh di Patmaraga Kotabaru, Minggu (23/10/2022) malam.

Kendati demikian, BPBD Kotabaru memastikan peristiwa rumah tiba-tiba runtuh di Jalan Patmaraga RT 15, Gang Pesantren, Kecamatan Pulau Laut Sigam hingga rata dengan tanah tersebut tidak ada korban jiwa.

Sementara pemilik rumah tersebut dilaporkan sedang berada di Sungai Danau, dan rumah tersebut memang cukup jarang dihuni.

"Kami pastikan tidak ada korban dalam peristiwa rumah yang tiba-tiba runtuh itu," ujar Plt Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru, H Arie Saputera, Minggu malam.

Dia mengatakan evakuasi reruntuhan rumah oleh tim BPBD beserta relawan  akan dilanjutkan besok, Senin (24/10) pagi.

"Jadi, melihat kondisinya tak ada korban, evakuasi malam ini kami hentikan dulu, dan akan berlanjut besok pagi," ucapnya.

Selain itu, H Arie juga belum bisa memastikan penyebab utama rumah tersebut tiba-tiba runtuh, dan berapa kerugian akibat peristiwa itu terjadi.

"Jadi, untuk penyebab pasti dan kerugiannya belum bisa kami taksir, tapi yang jelas rumah itu hanya menggunakan tongkat Ulin dan berdinding beton," pungkasnya.

Sebelumnya, Warga di Jalan Patmaraga RT 17, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru digegerkan dengan peristiwa sebuah rumah tiba-tiba runtuh hingga rata dengan tanah, Minggu (23/10) malam.

Informasi dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WITA, dan rumah tersebut dalam keadaan kosong atau ditinggal penghuninya.

Rumah tersebut berdinding beton, dan berlantai keramik. Sementara, pondasi bawahnya menggunakan tongkat Ulin.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru H Arie Saputra membernarkan ihwal adanya peristiwa rumah runtuh tersebut.

Menerima informasi tersebut, pihaknya bersama tim langsung menuju lokasi kejadian.

"Ini kami bersama petugas lainnya sedang menuju lokasi," ujar Arie, dikontak apahabar.com, Minggu malam.

Sementara, salah seorang warga setempat juga membenarkan adanya rumah tetangganya tiba-tiba runtuh rata dengan tanah.

"Iya, itu dibelakang rumah kami, dan rumah yang runtuh sedang kosong," ucap H Syauki.

Peristiwa terjadi menjelang waktu Salat Isya. Syauki mengatakan, saat rumah tersebut runtuh, ia juga merasa adanya getaran bagaikan terjadi gempa.

"Kami tadi mengira ada gempa, ternyata rumah yang runtuh di belakang rumah kami," pungkasnya.

Baca Juga: Breaking News! Rumah di Patmaraga Kotabaru Tiba-Tiba Runtuh Rata dengan Tanah

Editor
Komentar