News

Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf ke Seluruh Jajaran TNI

apahabar.com, JAKARTA – Anggota DPR-RI Fraksi PDIP, Effendi Simbolon menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh jajaran Tentara…

Featured-Image
Dari kiri: Krisantus Kurniawan, Utut Adianto, dan Effendi Simbolon saat jumpa pers di Ruang Fraksi PDI P DPR RI. (Foto: Apahabar)

apahabar.com, JAKARTA – Anggota DPR-RI Fraksi PDIP, Effendi Simbolon menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Permintaan maafnya, terkait pernyataannya yang mengatakan ‘TNI Kayak Gerombolan”.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Ruang Fraksi PDIP Gedung Nusantata I DPR-RI, Effendi menjelaskan saat memberi pernyataan itu posisinya sedang dalam Forum Rapat.

Saat itu, Effendi sedang Rapat Dengar Pendapat (RDP). RDP antara Komis I dengan Kemhan, Panglima TNI, KASAD, dan KASAU, serta KASAL, pada 5 September 2022 kemarin.

Pada saat itu, KASAD Dudung Abdurachman tidak hadir lokasi pertemuan. Effendi selaku anggota Komis I langsung mengatakan jika TNI itu seperti gerombolan dan susah diatur melebihi Ormas.

Dengan pernyataan tersebut, spontan membuat sejumlah anggota TNI di Tanah Air buka suara, dan menuntut permohonan maaf dari Effendi.

Merespon hal tersebut, Utut Adianto selaku Ketua Fraksi PDIP mengadakan konferensi pers untuk menyatakan permintaan maaf Effendi.

Utut menjelaskan jika pihaknya hanya ingin menguatkan satu sama lain. Dalam sebuah forum, salah kata atau tindakan menurutnya hal yang wajar.

“Konteksnya untuk menguatkan, dalam sebuah ruangan atau forum biasa ada salah kata atau tindakan,” ungkap Utut, Rabu (14/9).

Utut juga menyampaikan, jika masalah ini dapat segera diselesaikan dan kedua belah pihak berdamai.

“Semoga dengan adanya jumpa pers ini, situasi menjadi lebih adem. Jangan sampai terpecah belah hanya karena satu peristiwa, “ ujar Utut.

Dengan kejadian tersebut, Effendi meminta maaf kepada seluruh jajaran TNI termasuk Panglima TNI Andika Perkasa. Khususnya kepada KASAD, dan jajaran lainnya seperti KASAL, dan KASAU.

Ia menyampaikan permohonan maaf dari lubuk hati yang paling dalam

Permohonan maaf ini Effendi  sampaikan karena perkataannya yg kurang berkenan dan membuat tidak nyaman.

Effendi menyampaikan maafnya kepada seluruh elemen TNI mulai dari Tamtama hingga Jenderal.

“Sekaligus, kepada Panglima TNI Andika Perkasa, KASAD Dudung, dan KASAL serta KASAU, “ ucap Effendi.

Tidak lupa, Effendi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ketua Fraksi PDI P Utut Adianto.

Effendi menilai Utut bijaksana karena sudah memberikan kesempatan dirinya untuk menyampaikan permohonan maaf.

“Terima kasih juga kepada Ketua Fraksi (PDI P), “ ujar Effendi. (Rian)

Komentar