News

Dukung UMKM, GoTo Siapkan Ekosistem Usaha Bagi Pelaku UMKM  

apahabar.com, JAKARTA ­- Gojek Tokopedia (GoTo) akan membantu para pelaku usaha UMKM dengan menyediakan ekosistem usaha…

Featured-Image
Foto: Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA ­- Gojek Tokopedia (GoTo) akan membantu para pelaku usaha UMKM dengan menyediakan ekosistem usaha untuk memaksimalkan lini usahanya.

Head of Merchant Partnership and Brand Strategy GoTo Financial Putri Rusli  menerangkan penyediaan ekosistem yang dimaksud selain dari segi finansial, GoTo juga menyiapkan mulai dari administrasi sampai operasional.

Beberapa contoh layanan yang disediakan oleh aplikasi online ini di antaranya Gopay untuk sistem pembayaran, GoBiz Plus untuk mesin kasir, sampai Go Send untuk pelayanan logistik.

“Di semua bisnis saat mereka masuk itu pasti ada yang namanya administrasi dan operasional, jadi ini kita bantu dalam ekosistem kita,” ujarnya dalam Talkshow Investasi Literasi Berbalik Modal yang disiarkan secara daring, Kamis (29/9).

Tidak hanya itu GoTo juga akan menyediakan wadah seperti komunitas partner Go-Food dan untuk retail. Layanan tersebut membuat pelaku UMKM untuk bisa membangun jaringan sehingga bisa mendapat ilmu dari banyak para pelaku usaha lain.

Walau GoTo sudah menyediakan kemudahan, menurutnya masih banyak dari penjual yang masih belum dapat memaksimalkan berbagai fitur yang tersedia. Maka itu GoTo berusaha mengedukasi dengan memetakan kemampuan dari masing-masing pelaku UMKM.

“Jadi sebenarnya memang beda-beda tergantung dari level UMKM nya sendiri. Terus dari permodalannya dan sudah sejauh apa perjalanan mereka dalam bisnis tersebut,” pungkasnya.

Tercatat proyeksi dari ekonomi digital Indonesia di tahun 2025 sudah mencapai US$146 miliar. Selain itu, Indonesia saat ini juga memiliki 65 juta UMKM. Dari jumlah tersebut baru 21 persen di antaranya sudah masuk ke dunia digital.

Karena itu, kata Putri, sudah saatnya pelaku UMKM mulai berani terjun ke dunia digital. Sebab, pangsa pasar dunia digital masih besar. Selain itu, saat ini pembeli sudah lebih banyak melakukan pembelian secara online.

“Sedikit demi sedikit semua fase yang harus dilewati seorang pengusaha, mulai dari yang kecil sampai yang besar harus dipelajari dan kita masuk disitu untuk membantu dan mendatangkan manfaat yang lebih besar lagi,” tutupnya.

Komentar