News

Dukung Perubahan Iklim, PSI Apresiasi Pendaftaran Parpol melalui Sipol

apahabar.com, Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengapresiasi pendaftaran partai politik peserta pemilu dengan menggunakan Sistem…

Featured-Image
Ketua Umum PSI bersama jajaran pengurus DPP PSI mendatangi kantor KPU untuk mendaftar parpol peserta pemilu 2024. Foto: BS/apahabar.com

apahabar.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengapresiasi pendaftaran partai politik peserta pemilu dengan menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum KPU.

Ketua Umum PSI, Giring Ganesha mengatakan penggunaan Sipol saat ini menjadi lebih ramah lingkungan. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi seluruh kadernya dalam proses pendaftaran yang juga turut dirasakan oleh parpol lainnya.

"Dengan kehadiran Sipol proses digitalisasi parpol yang dilakukan oleh KPU ini telah berjalan dengan baik dan tepat. Apalagi Sipol ramah lingkungan dan paperless dan menghemat waktu," ujarnya dalam konferensi pers di kantor KPU di Jakarta, Rabu (10/8).

Giring menyampaikan apa yang dilakukan KPU dengan menggunakan Sipol dinilainya sejalan dengan yang diperjuangkan oleh PSI tentang perubahan iklim. Melalui digitalisasi tersebut, membuat proses pendaftaran parpol menjadi lebih mudah dan praktis.

Hal tersebut jauh berbeda dengan penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Dalam ingatan Giring, pemilu memberikan syarat kepada parpol agar membawa dokumen secara fisik dan kontainer yang berisi ribuan kertas.

Lebih lanjut dia menyebut melalui Sipol dapat menjadi rujukan parpol dalam membangun database dan penguatan internal parpol. Jika hal tersebut dapat dimaksimalkan akan memberikan manfaat bagi seluruh parpol yang terdaftar.

"Dengan paperless ini membuktikan KPU sudah menyadari terhadap ancaman perubahan iklim," jelasnya. (Gabid)

Tags
News
Komentar