Otomotif

Diuji Coba pada 2024, Mobil Terbang Bakal Ada di IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, salah satunya adalah mobil terbang.

Featured-Image
Ilustrasi Mobil Terbang. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, salah satunya adalah mobil terbang.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Mohammed Ali Berawi mengungkapkan bahwa akan melakukan uji coba mobil terbang di IKN pada 2024.

“Jadi nanti juga test, ujinya di IKN, rencananya di 2024," ujar Ali seperti dilansir Antara, Selasa (30/11).

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Hyundai Motor Group telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama membangun ekosistem mobilitas cerdas Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia. Bagi Indonesia, ini adalah pengembangan pertama kali. Di tingkat global, konsep mobil terbang juga masih dalam pengembangan.

"Jadi ini udah ada tahap-tahapnya, steping-steping-nya mulai dari joint study, joint research, ini kita lakukan untuk artinya kita harapkan kita menjadi salah satu pusat pengembangannya," sambungnya.

Selain itu, Ali mengatakan bahwa saat ini OIKN tengah mengembangkan teknologi yang bisa digunakan untuk tahun 2035 termasuk mobil terbang. Ia berharap kedepannya Indonesia bisa menjadi pelaku untuk pembangunan mobil terbang di masa mendatang.

"Kita jadi salah satu pionir pengembang teknologi. Kita melakukan itu, ada lompatan teknologi kita lakukan di IKN, itu pesan yang kita sampaikan," tandas Ali.

Editor
Komentar