Hot Borneo

Dilantik Jadi Sekda, Yani Tambah Daftar Kosong Kepala Dinas Pemkab HST

apahabar.com, BARABAI – Setahun lebih menjadi Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah…

Featured-Image
Sekda HST, M Yani usai dilantik Bupati Aulia, Kamis (18/8). Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Setahun lebih menjadi Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Muhammad Yani akhirnya resmi dilantik jadi pejabat definitif.

Yani dilantik sebagai Sekda HST setelah diambil sumpah jabatannya olehBupati HST, H Aulia Oktafiandi, Kamis (18/8).

Pasca-dilantik sebagai Sekda, jabatan defenitif Yani sebelumnya, yakni Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HST menjadi kosong.

Hal itu menambah daftar kekosongan kursi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintahan Kabupaten HST. Kekosongan kursi itu antara lain, di Dinas Pendidikan, PUPR, Kesehatan, Pertanian, Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) HST, Wahyudi Rahmad menyebutkan sebagian kursi kepala dinas masih diisi pelaksana tugas (Plt).

“Untuk Disporapar belum ada Plt. Sementara masih yang bertanggung jawab di bawahnya, Sekretaris Disporapar (M Ramadhan-red). Status Plt perlu SK,” kata Wahyudi usai acara pelantikan Sekda HST.

Rencana, kata Wahyudi, dalam waktu dekat akan dibuka lelang untuk eselon-II kepala SKPD yang kosong tadi. “Kami membatasinya untuk Kalsel,” tutup Wahyudi.

Sementara itu, M Yani yang sudah memiliki kewenangan pun akan membentuk tim untuk menyeleksi JPT mengisi kekosongan kepala dinas.

Rencananya, tim yang nanti dibentuk berasal dari luar HST. Seperti tim sebelumnya dari provinsi.

Hal itu dilakukan untuk menjaga independensi.

“Mudahan dalam waktu dekat, akan kita bentuk tim seleksi lagi dari luar,” tegas Yani.

Komentar